Nila Hitam Jadi Unggulan, Berapa Harga Benih Ikan di Dejeefish?

Ilustrasi: bibit ikan gurame (sumber: olx.co.id)Ilustrasi: bibit ikan gurame (sumber: olx.co.id)

SUKABUMI – Selain bercocok tanam, beternak menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan banyak orang di Indonesia. Melihat peluang tersebut, Dejeefish pun menawarkan sejumlah jenis untuk dibudidayakan, mulai gurame, bawal, patin, nila merah, nila hitam, lele Sangkuriang, hingga mas. Menyediakan hingga indukan, yang dipatok pun relatif bersaing.

Untuk ikan benih gurame misalnya, harganya dipatok mulai Rp500 per ekor untuk paling kecil 2 cm hingga Rp6.000 per ekor untuk 8 cm ke atas atau super. Sementara, harga benih ikan bawal dan ikan patin masing-masing mulai Rp500 saja per ekor, sedangkan harga benih ikan nila hitam berkisar Rp250 per ekor untuk 4 sampai 7 cm. Ada pula benih ikan lele Sangkuriang yang dijual Rp350 per ekor untuk 7 cm dan benih ikan mas yang dijual Rp150 per ekor untuk 5 cm.

Dari sekian jenis ikan yang ditawarkan, nila hitam menjadi benih yang memiliki banyak permintaan. Pemilik Dejeefish, Deny Rusmawan, bahkan mengakui bahwa dirinya masih kewalahan memenuhi permintaan benih ikan nila unggul ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka sendiri baru bisa memasok sekitar 1 sampai 2 juta ekor tiap bulan ke berbagai wilayah di Jawa dan luar Jawa.

“Nila sultana merupakan varietas ikan nila terbaru singkatan dari Seleksi Unggul Selabintana. Ikan nila ini memiliki beberapa keunggulan dari nila-nila lainnya,” papar Deny dikutip dari Jitunews. “Keunggulan tersebut terdapat pada daya tahan tubuh ikan yang kebal terhadap penyakit, pertumbuhannya lebih cepat sehingga lebih cepat pula untuk dipanen, dan mampu memproduksi telur dalam jumlah banyak.”

Dalam proses pembenihan, ia mengawinsilangkan antara nila Sultana betina dengan nila gesit jantan karena terbukti mampu menghasilkan larva unggulan. Perkawinan silang tersebut diklaim dapat menghasilkan benih ikan yang sangat baik dan pertumbuhannya lebih cepat sampai 40 persen. Biasanya, ikan nila dipanen pada ukuran 4 atau 1 kg berisi empat ikan nila.

Loading...