Lagi Tren Layangan, Harga Senar Gelasan Termahal Bisa Sampai Rp300 Ribuan Lebih!

Harga Senar Gelasan - (YouTube: Hobi Layangan)Harga Senar Gelasan - (YouTube: Hobi Layangan)

Sejak pancaroba, masyarakat banyak yang melakukan menyenangkan bersama keluarga seperti layang-layang. Terlebih di masa pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang, rupanya main sudah menjadi tren tersendiri untuk berbagai kalangan. Tak hanya dimainkan oleh anak-anak, banyak juga orang dewasa yang tertarik memainkan . Oleh sebab itu, lengkap dengan benang/senar gelasan-nya makin tinggi. Harga gelasan sendiri dipatok bervariasi. Namun untuk gelasan yang termahal bisa dijual mencapai ratusan ribu .

Salah satu penjual layangan di Semarang bernama Fery Nugroho mengaku bahwa layangan kembali dicari berbagai kalangan sejak pandemi. Puncak penjualan layang-layang terjadi setelah Lebaran beberapa waktu lalu, dan kabarnya sampai sekarang penjualan layang-layang masih stabil. Sebelumnya, permainan layang-layang memang sempat meredup beberapa tahun belakangan.

“Tapi semenjak ada pandemi ini, mulai banyak lagi yang memainkan. Untuk penjualan memang tidak selalu banyak, namun stabil. Kalau pelanggan banyak yang datang dari luar kota. Kadang ada yang ambil sampai 1.000 piece,” jelas Ferry, Selasa (6/10), seperti dilansir Timesindonesia.

layangan Fery kabarnya berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah, seperti Kudus, Pekalongan, Jepara, Cepu, Salatiga, Purwodadi, dan masih banyak lagi. Menurut Fery, layang-layang aduan merupakan jenis yang paling banyak disukai oleh pelanggan. Selain itu, ada juga jenis layangan hias yang tak kalah populer. “Kalau layangan aduan ukurannya beragam. Mulai dari 58, 70, TG, dan yang paling besar jumbo. Untuk harganya relatif murah. Dari Rp1.000-Rp2.500,” ucapnya.

Sedangkan untuk layangan hias terbuat dari bahan kain dengan berbagai bentuk, seperti burung sampai naga. Harga layangan hias berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp70 ribu. Sementara itu, untuk senar layangan juga kata Fery laku keras, baik senar biasa atau senar gelasan dalam berbagai merek dan harga. “Senar gelasan biasanya dicari untuk keperluan pas adu layangan. Untuk harganya sebenarnya variasi dari eceran Rp1.000 sampai Rp120 ribu dengan panjang kira-kira 200 yard,” bebernya.

Di online pun ada banyak merk gelasan termahal. Misalnya saja merek Predator The Champion Super Tajam 6X size 0,22 dengan harga mencapai Rp180 ribu, gelasan senar mati total (Matot) Sajam 018 seharga Rp124 ribu, Joker Black Diamond Rp120 ribu, Demon String Dead String Special Tournament Rp315 ribu, Lamborghini Matot 018 Rp375 ribu, Killer Hornet Champions Rp300 ribu, Phoenix Dead String Rp275 ribu, Champions Magnus Full Treatment Rp260 ribu, Rimba Saga Champion Rp225 ribu, The Dark Knight Jumbo 3000 yard seharga Rp250 ribu.

Loading...