Harga Bekas di Kisaran Rp 85 Juta, Penjualan Mobil Fin Komodo Tahun Ini Lesu

Mobil Fin Komodo di IIMS 2018 - rajamobil.com

Selain mobil Esemka, juga punya mobil nasional lain, yakni Fin Komodo. Fin Komodo dikenal dengan kendaraan-kendaraan multiguna off-road yang telah dikembangkan sejak tahun 2005 silam dan mulai dijual secara luas tahun 2008. Pabrik otomotif asal Bandung ini setidaknya telah meluncurkan 4 Fin Komodo, antara lain KD 250 AT, KD250X, Sysco Fire, dan Medevac. Mobil-mobil tersebut diperuntukkan kebutuhan perkebunan, kehutanan, pertambangan, proyek, militer dan polisi, rekreasi, SAR, dan masih banyak lagi.

Sayangnya angka penjualan yang berhasil dicapai oleh Fin Komodo tahun 2017 lalu hanya 100-an unit. Menurut Direktur Pemasaran Fin Komodo Dewa Yuniardi, angka penjualan tersebut turun dari tahun 2016 dan masih belum diketahui apa sebabnya. “Saya juga bingung mau ngomong apa. Saya bilang karena perekonomian, tapi banyak orang menyanggah bahwa perekonomian lagi bagus,” ujar Dewa di Jakarta, seperti dilansir Kompas.

Dewa berpendapat, perekonomian stabil sebenarnya hanya dirasakan oleh kalangan menengah ke atas, sedangkan untuk pasar yang disasar oleh Fin Komodo, yakni kalangan menengah ke bawah menurutnya ‘jeblok’. Tahun 2018 ini Fin Komodo berharap bisa mencapai target penjualan yang bagus, tetapi rupanya nasib baik masih belum berpihak pada mereka. Bahkan selama 11 hari berpartisipasi dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), tidak ada satupun unit Fin Komodo yang terjual.

Sampai saat ini baru 4 tipe Fin Komodo yang telah diproduksi, antara lain versi standar atau basic KD250AT, kemudian KD250X yang terinspirasi dari kendaraan intai tempur milik pasukan TNI AD, Sysco Mobile Fire yang merupakan mobil pemadam kebakaran di kawasan padat penduduk, dan Medevac yang menjadi kendaraan medis dalam desa atau hutan. Distributor kendaraan Fin Komodo sebenarnya cukup luas, meliputi wilayah Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Selatan, Jambi, dan Batam.

Fin Komodo saat ini berkisar Rp 85 jutaan untuk tipe Fin Komodo KD 250 AT produksi tahun 2017. Mobil tipe patrol ini mengusung 4 stroke, berkapasitas mesin 250 cc ( bakar bensin), serta sudah termasuk kelengkapan seperti winch set, kaca depan tempered glass, dan voltage meter.

Loading...