Harga BBM di Singapura Ternyata Lebih Mahal dari Indonesia

Mengisi BBM di Singapura - www.theregreview.orgMengisi BBM di Singapura - www.theregreview.org

Meski PT Pertamina (Persero) dinilai mahal oleh sebagian , rupanya BBM dari pelat merah ini nyatanya masih lebih murah dibandingkan negara tetangga seperti . Harga bahan bakar (BBM) yang berlaku di setiap negara memang bisa berbeda-beda, tergantung dari kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah.

Dalam formulasi yang dibuat sebagai dasar untuk menentukan harga BBM per liter umumnya terdapat besaran yang harus disetor. Seperti diketahui, tiap negara tentunya memiliki nominal yang berbeda.

Sebagai , harga bbm di Singapura, tepatnya di Shell untuk Shell FuelSave 98 dipatok SGD2,49 atau sekitar Rp27 ribuan, kemudian Shell FuelSave 95 harganya SGD2,09 (Rp23 ribuan), Shell V-Power dibanderol seharga SGD2,69 (Rp29 ribuan), dan Shell FuelSave Diesel SGD1,72 atau setara Rp19 ribuan jika dikonversikan dalam rupiah.

“Semua negara memiliki akses ke harga minyak yang sama di pasar internasional, tetapi memutuskan untuk mengenakan pajak yang berbeda. Akibatnya, harga eceran bensin berbeda tiap negara,” demikian seperti dilansir Global Petrol Price.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan, apabila berlaku harga baru BBM, di sejumlah daerah dapat berbeda harganya lantaran dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di tiap daerah.

Fajriyah pun mencontohkan, di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, harga BBM umum jenis Pertamax telah mengalami penyesuaian dari sebelumnya Rp9.200 jadi Rp9.000 per liter atau turun Rp200 per liter. “Jangan lupa, while dia naik tinggi, kita malah turunkan harga. Pertamina harganya jauh di bawah harga Shell dan Total,” ungkap Fajriyah.

Harga BBM Pertamina tersebut masih berlaku sampai bulan April 2020 ini. Sebagai bahan perbandingan, di Shell saat ini harga bahan bakar jenis Shell Regular dipatok Rp9.075 per liter, Shell Super harganya Rp9.125 per liter, Shell V-Power dihargai Rp9.650 per liter, dan Shell Diesel harganya Rp9.850 per liter. Harga bensin tersebut berlaku di wilayah Jabodetabek, Bandung, Jawa Timur, dan Sumatera Utara per 1 Maret 2020.

Loading...