Dapat Dimanfaatkan Sebagai Disinfektan, Berapa Harga Bayclin 5 Liter?

Produk Cairan PemutihProduk Cairan Pemutih

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, permintaan terhadap -produk dan juga kebersihan makin tinggi. Untuk menghemat pengeluaran, beberapa orang bahkan memanfaatkan pemutih dengan harga terjangkau seperti Bayclin sebagai disinfektan. Di pasaran terdapat Bayclin dalam 500 ml, 1.000 ml (1 liter), 4 liter, maupun 5 liter.

Di Indomaret setidaknya tersedia Bayclin kemasan 500 ml seharga Rp9.100 dan kemasan 1 liter dengan harga Rp15.700 per . Sedangkan Bayclin kemasan jerigen yang paling besar isi 4 liter harganya berkisar mulai Rp55 ribuan. Untuk pemutih kemasan 5 liter biasanya merupakan kemasan curah yang diklaim memiliki sekelas Bayclin, harganya mencapai Rp99 ribu di salah satu toko .

Pemutih pakaian seperti Bayclin mengandung aktif sodium hypochlorite yang diketahui dapat membunuh kuman dan , termasuk influenza, staphylococcus, streptococcus, salmonella, hingga selesma. “Kita bisa menggunakan pemutih pakaian sebagai disinfektan permukaan benda, untuk menghancurkan struktur protein mikroorganisme, seperti atau bakteri,” ujar David Nazarian, dokter layanan primer, seperti dikutip Insider melalui Kontan.

Sodium hypochlorite atau pemutih pakaian disebut dapat mengoksidasi atau membakar membran pelindung bakteri dan cangkang protein virus, sehingga mikroorganisme ini mudah dihancurkan. Selain itu, membersihkan permukaan yang keras dengan cairan pemutih pakaian juga diklaim dapat mencegah penyebaran infeksi. Pasalnya, cairan pemutih pakaian itu dikenal efektif menyingkirkan patogen yang hidup di permukaan benda dan memiliki kemungkinan berpindah ke mulut atau hidung Anda.

Walau demikian, perlu diingat bahwa cairan pemutih pakaian tak dapat digunakan untuk seluruh permukaan benda. Misalnya, hindari pemakaian pada lantai kayu, dinding yang dicat, atau permukaan dari besi, karena bisa mengikis atau membuatnya berkarat.

Sementara itu, Joddy Laksmono, peneliti kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menjelaskan bahwa cairan pemutih pakaian yang biasa dipakai sehari-hari itu dapat dilarutkan dengan air biasa, perbandingannya 1:100. “Anjuran dari WHO seperti berikut, pengenceran 5% sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Gunakan satu bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air ledeng dingin (pengenceran 1:100) untuk disinfeksi permukaan,” tandasnya. Bahan pemutih yang sudah diencerkan itu dapat mendisinfeksi dalam waktu kontak sekitar 10-60 menit.

Loading...