Banyak Dipakai untuk Hiasan Dinding & Taman, Ini Harga Batu Kali Bulat di Pasaran

Ilustrasi : Batu kali bulat - www.liputan6.com

Batu kali termasuk material alam yang punya beragam kegunaan. Selain dimanfaatkan sebagai pondasi rumah, banyak orang menggunakan batu kali sebagai ornamen dinding, menghias kolam buatan atau , hingga yang terkini dimanfaatkan membuat terarium atau menghiasi akuarium pada aquascape. batu kali pun bermacam-macam, mulai dari batu kali belah atau pecah hingga batu kali bulat. Adapun batu kali bulat beragam, tergantung kuantitas dan ukurannya.

“Batu kali bulat adalah batuan alami yang memiliki bentuk bulat dengan yang bermacam-macam. Memiliki abu-abu kehitaman dengan tekstur permukaan yang halus sehingga pemasangan mortar agak licin dan agak susah menempel. Kelebihan batu ini memiliki bobot 2x lebih berat dan sangat keras dan kokoh,” kata salah satu penjual batu kali.

Bahkan tingkat kekerasan batu kali bulat tersebut membuat para pekerja konstruksi perlu menggunakan pemecah batu khusus saat hendak menyesuaikan batu kali pada pemasangan rangka. Selain untuk , batu kali bulat pun banyak dipakai pada taman minimalis atau taman besar. Penyematan ornamen bebatuan pada taman dinilai dapat menambah kesan alami dan menyejukkan.

“Batu kali ini biasanya disesuaikan dengan besar taman, jika taman kecil yang digunakan kisaran ukuran 20-45 cm. Untuk taman besar biasa diaplikasikan dengan batu yang lebih besar yaitu kisaran 50 cm – 1,5 m2. Batu kali ini juga bisa digunakan untuk tempat duduk dari batu di area taman, yang di gunakan ukuran besar,” imbuhnya.

Adapun harga batu kali bulat per kubik (m3) berkisar Rp240 ribu di pasaran, sedangkan batu kali bulat untuk per truk engkel harganya mencapai Rp1,4 juta, dan batu kali bulat sebanyak 1 truk colt kapasitas 6-7 m3 harganya Rp1,75 juta. Jika hanya membutuhkan batu kali bulat dalam kecil, beberapa pedagang juga ada yang menawarkan batu kali bulat besar (river stone) diameter hingga 20-30 cm untuk aquascape, terrarium, atau paludarium dengan harga Rp35 ribu saja. Sementara itu, batu kali bulat kecil diameter 15-20 cm harganya Rp15 ribu.

Loading...