Kerap Dipakai untuk Fondasi, Berapa Harga Batu Belah per Kubik?

Batu Belah untuk Fondasi - solusikonstruksi.comBatu Belah untuk Fondasi - solusikonstruksi.com

Dalam membangun pondasi atau tertentu, dibutuhkan yang kuat. untuk fondasi sebenarnya ada banyak. Namun, sebagian orang umumnya lebih memilih yang banyak tersedia seperti kali belah. belah dijual per meter kubik (m3) dengan sekitar Rp185 ribuan di .

“Batu belah adalah material alam yang biasa digunakan sebagai bahan utama dalam konstruksi bangunan. Dan istilah batu belah didasarkan pada mendapatkan batu itu sendiri, yaitu dengan cara membelah. Jadi, secara umum batu belah adalah bebatuan kecil yang didapatkan dengan cara memecah atau membelah batu besar menjadi bongkahan-bongkahan batu berukuran kecil,” kata salah satu penjual batu belah.

Batu belah mempunyai bentuk yang spesifik, yakni fisiknya padat, keras, dan sisi-sisinya cenderung tidak rata. Biasanya batu kali akan dipasang bersamaan dengan mortar yang merupakan campuran semen, pasir, dan air. Batu jenis ini banyak dipakai lantaran tahan terhadap berbagai lingkungan seperti panas dan hujan. Fondasi dari batu kali dianggap sangat kuat dan fleksibel. Oleh sebab itu banyak orang memilih material batu kali belah sebagai pondasi rumah.

Selain di kali atau sungai, batu jenis ini kerap ditemukan di sekitar gunung atau bahkan perbukitan. Teksturnya yang kasar membuat batu belah mudah menempel pada mortar. Ada banyak kelebihan dari batu kali, mulai dari mempermudah proses pembuatan fondasi, pembuatan fondasi juga jadi lebih cepat, biaya lebih murah, serta material batu kali mudah ditemukan terutama di Pulau Jawa. Namun demikian, material batu belah tetap tidak lepas dari kekurangan. Beberapa daerah mungkin kesulitan menemukan batu kali. Selain itu, material ini kabarnya kurang baik untuk membangun rumah bertingkat.

Pembelian batu kali dalam besar bisa dibanderol lebih mahal lagi. Misalnya untuk membeli batu kali sebanyak satu colt diesel harganya bisa mencapai Rp1,5 juta hingga Rp1,8 juta. Batu kali yang diangkut truk tronton 25 m3 harganya berkisar Rp230 ribu sampai Rp300 ribu per meter kubik, dan untuk batu kali yang diangkut truk engkel 3,3 m3 harganya sekitar Rp1,1 juta hingga Rp1,5 juta. Harga batu belah per kubik di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...