Khusus Rute Domestik, Berapa Harga Bagasi AirAsia 15 Kg?

Harga Bagasi AirAsia - www.travelweekly.comHarga Bagasi AirAsia - www.travelweekly.com

JAKARTA – Saat beberapa kompak menerapkan aturan baru, ternyata hingga detik ini masih tetap memberlakukan ketentuan lama mengenai bagasi penumpang. Maskapai berbiaya murah yang berbasis di Kuala Lumpur tersebut masih menggratiskan bagasi dengan berat maksimal 15 kg. Namun, ketentuan ini hanya berlaku untuk .

“Sampai saat ini, untuk penerbangan domestik, yang dipesan sudah termasuk gratis bagasi 15 kilogram,” ujar juru bicara AirAsia , Baskoro Adiwiyono, seperti dilansir Tempo. “Aturan ini masih yang sama diberlakukan untuk penerbangan domestik AirAsia. Sementara, untuk penumpang yang ingin menambah bagasi, harus membayar.”

Seperti dikutip dari situs resminya, untuk bagasi terdaftar, AirAsia setidaknya membaginya menjadi lima , yakni 15 kg, 20 kg, 25 kg, 30 kg, dan 40 kg. Jika penumpang terbang ke atau dari Amerika Serikat, jatah bagasi tersedia untuk pra-pesan dengan jumlah barang 1 bagasi berat maksimal 20 kg dan 2 bagasi berat maksimal 20 kg setiap barang.

Masih menurut sumber yang sama, penerbangan rute Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) menuju Bali (Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai), memang tidak dikenakan biaya untuk bagasi dengan berat 15 kg. Demikian juga jika wisatawan hendak terbang dari Jakarta menuju ke Kota Semarang (Bandara Internasional Ahmad Yani) atau ke Lombok.

Dengan kebijakan yang sama, PT Indonesia AirAsia mengaku tiket pesawat pada awal tahun 2019 melesat dibanding periode yang sama tahun lalu. Manajemen mengklaim peningkatan tiket lantaran perusahaan masih menerapkan bagasi gratis untuk barang bawaan 15 kg untuk penerbangan rute domestik.

“Memang, terus terang kami kejatuhan ‘durian runtuh’, rezeki jadi banyak karena bagasi berbayar. Mendadak penumpang senang dengan kami, ya bagasi kami masih gratis. Kami syukuri saja,” ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, dikutip CNN Indonesia. “Penerbangan domestik kami memang tidak banyak, tapi tetap saja penambahannya lumayan.”

Loading...