Cairan Pembersih Kuteks, Berapa Harga Aseton per Liter?

Membersihkan cat kuku dengan asetonIlustrasi : Membersihkan cat kuku dengan aseton - www.sehatq.com

JAKARTA – Aseton selama ini dikenal sebagai cairan yang dapat dipakai untuk membersihkan atau kuteks pada kuku. Tidak cuma pada kuku, aseton ternyata dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan kuku pada pakaian. Di sendiri, cairan ini sudah bebas, dengan mulai Rp50 ribuan per untuk yang diklaim sudah memenuhi BPOM.

Tidak sulit mendapatkan aseton karena Anda bisa membelinya di berbagai kimia, bahkan via berbagai situs jual beli . Untuk aseton yang dikatakan sudah standar BPOM, ditawarkan dengan harga berkisar Rp50 ribu hingga Rp65 ribuan per liter, sedangkan versi ‘biasa’ dijual Rp30 ribuan per liter. Jika Anda tidak membutuhkan terlalu banyak, dapat membeli per 250 ml dengan harga Rp18 ribuan.

Lalu, apa itu aseton? Dilansir Okezone, ini adalah cairan yang jernih, berbau tajam, dan sangat mudah terbakar. Isopropil alkohol biasanya digunakan dalam pembuatan aseton. Inilah mengapa aseton bisa dengan cepat menghapus kuteks Anda. Biasanya, produk ini juga ditambahkan pelembap seperti gliserin dan panthenol, untuk mencegah kekeringan pada kuku.

Tidak hanya menghapus kuteks, aseton juga dapat Anda pakai untuk berbagai keperluan lainnya. Cairan ini dikatakan ampuh untuk membersihkan keyboard dan lantai, dengan cara mengusapnya menggunakan tisu atau kapas. Aseton pun mampu membuat tampilan cangkir porselen Anda menjadi lebih mengilap, bikin sepatu tampak seperti baru, menghilangkan goresan pada jam tangan, dan lain-lain.

Meski sudah jamak dipakai dalam tangga dan industri kecantikan, aseton ternyata juga bisa menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Keracunan aseton bisa terjadi ketika zat ini terhirup, tertelan, atau terserap melalui kulit, menimbulkan sakit kepala, lesu, bicara cadel, dan berkurangnya koordinasi tubuh. “Gejala berat dari keracunan aseton bisa berupa tekanan darah rendah, pingsan, dan koma,” tutur dr. Kevin Adrian, Medical Editor di Alodokter.

Dalam sebuah video berjudul ‘Calculator In Acetone Vapor’ di channel Amazing Timelapse, seperti dilansir Tempo, tampak sebuah kalkulator berbahan plastik yang meleleh hanya dengan paparan uap cairan aseton, bahkan tanpa dipanaskan. Cairan aseton memang mampu melarutkan berbagai jenis produk berbahan plastik.

Loading...