Beragam Manfaat, Berapa Harga Arang Aktif dari Tempurung Kelapa?

Arang dari tempurung kelapaArang dari tempurung kelapa - www.bebeja.com

JAKARTA – Akhir-akhir ini, popularitas arang aktif untuk berbagai keperluan, mulai dari hingga bahan , semakin menanjak. Selain dibuat dari batubara atau tulang, arang aktif juga dapat dibuat dari tempurung atau batok . Di dalam negeri, harga arang aktif dari tempurung sendiri bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu .

“Arang aktif adalah jenis arang berpori yang diproses (atau ‘diaktifkan’) pada suhu yang sangat tinggi,” tulis Ikut Rame. “Karena arang aktif ini berpori dan bermuatan negatif, dipercaya dapat membantu untuk menjebak racun dan bahan kimia di perut. Sehingga, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk menyerap racun-racun tersebut.”

Dilansir dari Heathline.com, sebuah studi kecil pada tahun 1980-an lalu pernah melihat peserta dari Amerika Serikat India yang mengonsumsi arang aktif. Penelitian tersebut menemukan bahwa bahan ini ampuh untuk mengurangi kembung dan kram perut yang terkait dengan gas. Selain itu, juga diklaim dapat mengobati diare, memperbaiki fungsi ginjal, dan menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah restoran cepat saji, Richeese Factory, ternyata juga sempat memanfaatkan arang aktif melalui menu yang diberi nama Richeese Black. Menu terbaru yang mengusung konsep black ini menghadirkan sensasi rasa olahan keju hitam berkualitas, yang pertama kali diperkenalkan melalui acara bertajuk ‘Black Lunch’ beberapa waktu lalu di Mampang.

“Menggunakan pewarna charcoal atau arang aktif, menu ini dijamin aman. Kami ingin sesuatu yang berbeda karena sebelumnya terkenal dengan ayam level pedas,” tutur Head Marketing PT Richeese Kuliner , Fahmi Ristianty, dikutip Viva. “Adanya menu ini sebagai komitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen .”

Dengan beragam , maka tidak mengherankan jika kemudian banyak industri pengolahan kelapa membuat arang aktif dari tempurung, terutama batok kelapa sawit. Dipilihnya bahan ini karena lebih mudah didapat dan juga upaya pengelolaan terhadap limbah. “Arang aktif yang dibuat dari cangkang kelapa sawit mempunyai daya serap yang paling baik di antara arang aktif lain yang diaktivasi dengan proses fisika dan kimia,” jelas Rismanaji SIP, selaku Komisaris Bumdes Kab. Mukomuko, Bengkulu.

Nah, jika Anda juga tertarik memanfaatkan arang aktif dari tempurung kelapa, entah itu untuk memasak makanan atau keperluan lain, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Di beberapa situs jual beli online, untuk kemasan 1 kg, sekarang dijual dengan harga mulai Rp33 ribu hingga Rp45 ribuan, sedangkan versi hemat 250 gram harganya hanya Rp10 ribuan.

Loading...