Punya Indra Penciuman Tajam, Harga Beagle Stambum Capai Jutaan Rupiah

Anjing Beagle Stambum - hewany.comAnjing Beagle Stambum - hewany.com

sudah lama dikenal sebagai yang setia terhadap tuannya. Bahkan ras tertentu seperti beagle disebut-sebut memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Di sendiri harga anjing beagle stambum atau yang sudah memiliki akta/ keterangan lahir dari Perkumpulan Kinologi (Perkin) bisa mencapai jutaan rupiah per ekor.

Anakan beagle stambum misalnya, dengan harga berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp3 jutaan. Sedangkan puppy atau anakan beagle yang non stambum harganya lebih murah, sekitar Rp800 ribuan. Status stambum sendiri memang penting bagi anjing ras, khususnya saat mengikuti kontes anjing ras. Akte tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa anakan anjing dilahirkan dari induk dan pejantan yang mempunyai trah yang sama dan keduanya pun berstatus stambum (terdaftar).

Popularitas beagle pun makin mencuat sejak adanya sebuah studi baru yang digagas oleh BioScent Dx di Amerika Serikat bahwa anjing berjenis beagle bisa mendeteksi bau dalam sampel darah dengan tingkat akurasi mencapai 97%. Penelitian tersebut dilakukan dengan harapan bisa menjadi pendekatan baru untuk deteksi dini .

“Meskipun saat ini tidak ada obat untuk kanker, dengan pendeteksian dini bisa menawarkan harapan terbaik untuk bertahan hidup. Sebuah tes yang sangat sensitif untuk mendeteksi kanker berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa dan mengubah cara ini diobati,” kata pemimpin penelitian BioScent Dx, Heather Junqueria, seperti dilansir Mirror melalui Tribunnews.

Junqueria menuturkan bahwa penelitian ini sangat menarik karena membuka kesempatan untuk penelitian lebih lanjut di dua jalur pengobatan yang keduanya bisa mengarah pada alat pendeteksian kanker paru.

“Salah satunya menggunakan deteksi aroma anjing sebagai metode screening untuk kanker, dan jalur lainnya adalah menentukan senyawa biologis yang dideteksi anjing dan kemudian merancang tes screening kanker berdasarkan pada senyawa tersebut,” paparnya.

Peneliti pun saat ini disebut-sebut sedang berencana melakukan studi tindak lanjut untuk memahami dengan tepat komponen kimia apa yang berhasil diendus oleh anjing untuk mendeteksi penyakit kanker pada tubuh manusia.

Loading...