Warna & Karakternya Unik, Anggrek Vanda Tricolor Punya Harga Jual Tinggi

Anggrek Vanda TricolorAnggrek Vanda Tricolor - youtube.com

Vanda tricolor alias vanda suavis disebut-sebut sebagai flora endemik yang tumbuh di lereng Gunung Merapi. Sesuai dengan namanya, ini mempunyai 3 warna di bagian kelopaknya. Warna dasar vanda tricolor adalah putih dengan totol ungu kecokelatan. Sedangkan bagian bibir kelopak (labelum) warnanya ungu. Dari sekitar 61 jenis yang tumbuh di lereng Merapi, vanda tricolor dinilai berbunga paling indah. Tak heran jika vanda tricolor cukup .

“Tumbuhnya bisa sampai setinggi 2 meter,” ungkap Endang Semiarti, Ketua Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY, seperti dilansir Tribunnews. Anggrek ini pun kabarnya tahan terhadap panas cahaya matahari. Dari segi penanganan juga cukup mudah karena dapat memakai metode hidroponik dan aeroponik.

Hal lain yang menarik dari vanda tricolor adalah kuntum bunganya yang tergolong mempunyai masa mekar cukup lama. “Bisa dikatakan jenis ini rajin berbunga,” imbuh Endang. Vanda tricolor dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Budidayanya pun cukup mudah, karena hanya membutuhkan ketelatenan.

Pada usia 2 tahun, tinggi pohon anggrek vanda tricolor sekitar 15 cm dan dapat terus tumbuh tinggi sampai beberapa meter. “Anggrek merapi harum, namun hanya bisa tercium pada pukul 7.00-9.00 pagi,” beber Endang.

Anggrek vanda tricolor dianggap bagus apabila seluruh daun tampak segar, ujung akar berkembang, dan bunganya indah. Dalam satu pohon bisa tumbuh belasan tangkai bunga, dan umumnya muncul di bulan Oktober-September. Akan tetapi, anggrek vanda tricolor dapat berbunga sewaktu-waktu.

Jika ditinjau secara ekonomi, anggrek vanda tricolor mempunyai nilai yang tinggi. Endang mengungkapkan, untuk bibitnya saja dijual mulai harga Rp15 ribu hingga Rp60 ribu. Sedangkan untuk tanaman induk dapat mencapai harga Rp1 juta di . “Anggrek ini semakin bernilai karena punya ciri khas dan juga semakin langka,” ungkap Endang.

Selain dijual di -toko bibit dan bunga, anggrek vanda tricolor pun kini banyak dijual secara melalui sejumlah situs e-commerce. Adapun harga anggrek vanda jumbo dewasa berkisar mulai Rp80 ribu hingga Rp200 ribu.

Loading...