Mulai Banyak Dibudidayakan, Harga Anakan Ikan Toman Dipatok Berdasar Ukuran

Anakan Ikan Toman - nakamaaquatics.idAnakan Ikan Toman - nakamaaquatics.id

Ikan toman (Channa micropeltes) termasuk ikan predator yang berasal dari ikan gabus (Channidae). Ikan yang tubuhnya mirip ikan gabus ini memiliki panjang yang bisa mencapai 1 meter. Beberapa waktu belakangan muncul penelitian yang menyebutkan bahwa ikan toman memiliki zat gizi yang penting dan protein yang tinggi. Tak heran jika ikan toman mulai banyak dibudidayakan sejak masih anakan karena ketika sudah besar nantinya ikan toman memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Ikan toman memiliki morfologi yang cukup unik. Ikan yang sudah dewasa berwarna hitam kebiruan dengan perut putih atau keputihan. Sedangkan anak-anaknya berwarna kemerahan, dengan garis hitam dan jingga di sisi tubuhnya. Ikan toman tersebar luas di Indonesia bagian barat, seperti , , dan pulau-pulau sekitarnya.

Ikan air tawar ini disebut kaya akan albumin, yakni salah satu protein yang penting untuk manusia. Di samping itu, daging ikan toman mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, mineral seperti seng, zat besi, kalium, dan juga kalsium.

Mengonsumsi ikan toman kabarnya bermanfaat untuk kesehatan, seperti memertahankan tekanan osmotik, mempercepat proses penyembuhan luka, sebagai potensi anti-higlikemik, dan baik untuk penderita hipoalbuminemia.

Tak ayal jika kemudian ikan toman mulai banyak dibudidayakan karena memiliki potensi yang menjanjikan. Menurut Mujahidudin, warga Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), potensi ikan air tawar khususnya ikan toman sangat menjanjikan. Tetapi, dirinya mengaku banyak kekurangan dalam proses memelihara ikan tersebut.

“Ini potensi yang luar biasa, tapi cara dan proses menyebar benih ikan pada awal ada yang kurang karena kita kurang pemahaman. Biar begitu hasilnya juga cukup lumayan,” jelas Mujahidudin, seperti dilansir Tribunnews.

Sebagai , dari penelusuran di marketplace rupanya harga anakan ikan toman dijual Rp17 ribuan untuk ukuran 14, 15, atau 16 cm. Ada juga yang menjualnya seharga Rp9 ribuan. Sedangkan ikan toman size L atau XL dipatok Rp40 ribu, dan ikan hias toman bisa dijual mencapai Rp250 ribu per ekor.

Loading...