Kerap Dipakai untuk Senjata Jenis Pistol, Berapa Harga Amunisi 9mm?

Amunisi 9mm - pixabay.comAmunisi 9mm - pixabay.com

Kepemilikan senpi (senjata api) di berikut amunisinya memang sangat dibatasi. Hal ini semata-mata untung menghindari penyalahgunaan senjata oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang kemudian dapat membahayakan keselamatan orang lain. peluru atau amunisi sendiri cukup banyak. Salah satu yang cukup umum adalah amunisi kaliber 9 x 19 mm. Harga amunisi 9mm biasanya , tergantung produsennya.

Menurut penelusuran dari berbagai sumber, harga amunisi 9mm sekitar Rp2,5 jutaan per box isi 50 butir. Meski harus mengantongi surat resmi dari kepolisian, nyatanya sampai saat ini masih ada saja orang-orang yang kurang memahami mengenai hal ini dan menjual peluru 9 mm secara bebas di . Bahkan ada beberapa orang yang mengiklankannya lewat .

Beberapa waktu lalu pun sempat terjadi kasus penangkapan 2 orang asal Palopo yang menjual 25 amunisi kaliber 9 mm melalui dengan harga Rp1 juta. Meski tersangka mengaku amunisi adalah miliki almarhum mertuanya yang merupakan pensiunan Subdenpom Palopo, polisi tetap mengamankan tersangka untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Selain peluru, saat ini juga ada amunisi 9 mm berwujud bola peluru atau rubber ball untuk senapan karet yang dijual dengan harga Rp3.000 per buah. Kemudian ada pula bola lumpur untuk ketapel (slingshot) berukuran 9 mm isi 100 pcs yang dihargai sekitar Rp74 ribuan.

Sebagai informasi, 9 x 19 mm Parabellum atau 9 x 19 mm Luger adalah peluru yang diperkenalkan sejak tahun 1902 silam oleh produsen senjata Jerman, Deutsche Waffen und Munitionsfabriken (DWM) untuk pistol Luger. “Peluru ini adalah versi lebih kuat dari peluru sebelumnya, yaitu 7.65 mm Luger Parabellum, yang merupakan penerus dari peluru 7.65 mm Borchardt,” demikian seperti dilansir Wikipedia.

Menurut uji coba balistik yang dilakukan Polri beberapa waktu lalu, peluru 9×19 mm yang ditembakkan dengan senjata api jenis Glock ternyata dapat melenceng cukup jauh jika sang penembang kurang kuat dalam memegang senjata.

“Kita buktikan bahwa Glock, kalau dipakai customize switch bisa sampai 15 butir (peluru) dan kalau pegangnya gak kuat bisa tak terbiasa bisa lari-lari,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono tahun 2018 lalu, seperti dikutip Poskotanews.

Loading...