Simpan Beragam Manfaat, Berapa Harga Ampas Tebu di Pasaran?

Harga Ampas Tebu - fjb.kaskus.co.idHarga Ampas Tebu - fjb.kaskus.co.id

Dalam pengolahan , bagian ampas tebu rupanya termasuk komoditas yang juga cukup banyak dicari. Pengolahan limbah ampas tebu memiliki nilai ekonomis, bahkan hingga di . Tak heran jika kemudian pada akhir tahun 2014 lalu PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melakukan ampas tebu hingga ke Korea Selatan. Dibandingkan dalam negeri, jual ampas tebu untuk Korea lebih tinggi.

Menurut Kepala Divisi Renbang PT PN X Dicky Irasmanto beberapa tahun lalu, pihak PTPN X sebenarnya sudah membidik Jepang dan Korea Selatan untuk memasarkan ampas tebu. Tetapi Korsel ternyata lebih dulu merespons upaya PTPN X. “Pihak calon pembeli dari Korea Selatan sudah kami kirimi sampel ampas baik ampas bal maupun ampas yang sudah berupa pellet,” ungkap Dicky, seperti dilansir JPNN.

Dicky mengatakan, potensi pasar ampas tebu untuk Korea Selatan sangat besar, mencapai lebih dari 300 ribu. Sementara itu, bagasse saving di PTPN X sekitar 80 ribu ton per tahun. “Harga yang mereka tawarkan pun cukup tinggi. Bila kita jualan ampas di dalam negeri, harga per kilogram ampas hanya sebesar Rp200, sedangkan untuk bisa sampai menembus harga Rp500 per kg-nya,” ucapnya.

Limbah ampas tebu seperti molasses kabarnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya ternak. “Molases merupakan limbah proses pembuatan gula yang diperoleh dari hasil pemisahan sirup. Di Indonesia molases biasanya dimanfaatkan sebagai alternatif ternak dan bahan baku pembuatan mono sodium glutamat (MSG),” kata Dr. Isnaeni, MS., Apt, dosen di Fakultas Farmasi UNAIR.

Secara umum, molase menawarkan beragam manfaat atau kegunaan untuk pakan ternak, misalnya saja dapat menggemukkan hewan ternak, meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan aktivitas mikroba pada rumen (bagian dari lambung sapi), sumber gula dan vitamin pada ternak, sumber energi esensial, mengurangi sisa makanan yang terbuang, hingga bisa dipakai sebagai pellet binder untuk meningkatkan kualitas pelet. Adapun tetes tebu molase biasanya dijual per jerigen dengan harga sekitar Rp10 ribuan.

Loading...