Mampu Jernihkan Air, Harga Aluminium Sulfat per Kg Sangat Murah

Ilustrasi : Seseorang sedang minum air putihIlustrasi : Seseorang sedang minum air putih

JAKARTA – Jika Anda ingin menjernihkan , terutama jika Anda yang tinggal di daerah dengan kualitas yang buruk, mungkin Anda bisa memanfaatkan sulfat. Sering juga disebut tawas, ini memang sering dijadikan sebagai pengumpul kotoran dalam penjernihan . Di , aluminium sulfat per kg juga sangat terjangkau, bahkan di bawah Rp10 ribuan.

Dilansir Liputan6, tawas merupakan garam rangkap sulfat dan alumunium sulfat. Tawas dikenal sebagai bahan untuk menjernihkan air, bahan kosmetik, bahan anti api, atau sebagai campuran bahan celup. Tawas sangat efektif dalam mengendapkan partikel yang melayang di dalam air, baik dalam bentuk keloid atau suspensi, sehingga banyak digunakan oleh PAM (PDAM) dalam proses pengolahan air bersih yang nantinya akan didistribusikan ke masyarakat.

Dikarenakan merupakan pembentuk kolid, maka sifat penting pada aluminium sulfat ini adalah adsorbsi atau penyerapan. Bahan tersebut dikatakan dapat menyerap kotoran, racun, dan lainnya. Sejalan dengan sifat tersebut, banyak yang kemudian menjadikan aluminium sulfat sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan bau badan.

Untuk kegunaan ini, biasanya aluminium sulfat ditumbuk hingga lembut atau halus. Proses penumbukan ini bertujuan agar kandungan yang terdapat di dalam tawas dapat tercampur dengan lebih mudah. Selanjutnya, tawas yang sudah dihaluskan tadi dicelupkan ke dalam air. Terakhir, oles ‘scrub tawas’ tadi ke bagian tubuh yang memiliki bau tak sedap.

Tidak sulit mendapatkan aluminium sulfat atau tawas. Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko bahan kimia atau situs jual beli online. Harga aluminium sulfat pun tidak terlalu menguras kantong. Jika Anda membeli per kg, harganya saat ini berkisar Rp8 ribu hingga Rp13.500. Bahkan, ada yang menjual aluminium sulfat dengan banderol cuma Rp5 ribuan per kg.

“Meski tawas banyak ditemukan di pasaran dan secara bebas, hal ini tidak berarti tawas aman seratus persen,” tulis Utama Filter, salah satu pusat penjualan mesin filter air. “Sebaiknya penggunaannya tawas atau aluminium sulfat tidak boleh melebihi dosis yang diizinkan, agar anda terhindar dari dampak yang mungkin terjadi akibat pengonsumsian.”

Loading...