Punya Corak yang Menarik, Harga Alocasia Zebrina Bisa Sampai Jutaan Rupiah

Tanaman Hias Alocasia Zebrina - shopee.co.idTanaman Hias Alocasia Zebrina - shopee.co.id

Selain jabol (janda bolong) dan aneka anthurium, seperti Alocasia zebrina pun kini sedang banyak digandrungi oleh para pecinta . Jika dilihat sepintas, Alocasia zebrina hampir mirip seperti caladium atau tanaman keladi. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan walaupun bentuk daunnya hampir sama. Harga Alocasia zebrina di juga bermacam-macam, rata-rata berkisar antara puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Alocasia zebrina mempunyai berbentuk panah atau perisai, tetapi tak memiliki urat putih khas yang mengalir pada daunnya. Hal yang menarik dari Alocasia zebrina tentu saja adalah corak pada batangnya yang berwarna hitam putih seperti tubuh zebra. Selain itu, Alocasia zebrina lebih tipis dibanding kebanyakan varietas Alocasia lain. Tanaman Alocasia zebrina kabarnya dapat tumbuh setinggi 3 kaki dan mempunyai lebar yang sama.

Sebagai gambaran, harga Alocasia zebrina dengan tinggi 30-50 cm dan telah tumbuh 2-3 helai daun dijual sekitar Rp75 ribu. Ada juga yang menjual Alocasia zebrina anakan dengan harga Rp450 ribu, serta yang berukuran besar harganya dapat mencapai Rp3 juta atau lebih. Nah, jika ingin alternatif yang lebih murah, bisa juga membeli umbi atau bonggol Alocasia zebrina dengan harga antara Rp15 ribu sampai Rp80 ribuan per bonggol. Tentunya diperlukan kesabaran dalam memelihara hingga tanaman Alocasia zebrina tumbuh dengan sempurna.

Di masa pandemi seperti sekarang, hobi bercocok tanam atau menanam tanaman hias semakin meningkat. Bahkan salah satu pebisnis tanaman hias mengaku dapat meraup penjualan hingga Rp200 juta dalam sehari. “Pembeli paling jauh dari Manado, Lampung sampai Medan. Ada juga dari Bandung, Jabodetabek paling banyak,” kata Tono, pemilik Tio Florist Cuwartono di Cihideung, Bandung, Jawa Barat, seperti dilansir Tempo.

Tono mengaku menjual aneka tanaman, seperti Anthurium Veitchii, Warocqueanum, Monstera Variegata, Acuminata, Philodendron Florida Beauty, Pink Princess, Splendid, Melanochrysum, Verrucosum, Alocasia Zebrina, Dragon Scale, Homalomena Rubescens Variegata, dan sebagainya.

Menurutnya, tanaman dapat menjadi salah satu pilihan untuk investasi meski dibutuhkan kesabaran dan rasa sayang terhadap tanaman. “Jadi banyak, bisa tetap untung, tidak bakal rugi kalau main tanaman. Kalau misal bicara rugi, saya sudah 20 tahun bertani, mungkin sudah bangkrut,” tandas Tono.

Loading...