Tampilan Mirip Zebrina, Berapa Harga Tanaman Hias Alocasia Tigrina?

Tanaman Hias Alocasia Tigrina - garden.orgTanaman Hias Alocasia Tigrina - garden.org

Penggemar Alocasia terus bertambah dari waktu ke waktu. hias satu ini memiliki bentuk dan corak daun yang memang terbilang . Oleh sebab itu, banyak orang yang tertarik memilikinya, terlebih karena jenis Alocasia cukup banyak. Selain Alocasia zebrina, penggemar juga kerap melirik Alocasia tigrina. Sepintas, Alocasia tigrina sangat mirip dengan Alocasia zebrina. Beberapa orang bahkan kebingungan untuk menemukan perbedaan di antara keduanya. Jika ditinjau dari segi harga, Alocasia trigina juga sama-sama dijual cukup mahal.

“Alocasia Tigrina, adalah species dari genus alocasia dalam Araceae. Tanaman ini memiliki tangkai daun mirip sisik ular dengan dasar hijau muda dan loreng hijau pekat. Penampilan tanaman ini sekilas mirip dengan Alocasia zebrina,” kata salah satu tanaman hias.

“Helai daun Alocasia tigrina berbentuk segitiga dengan kedua cuping terpisah. Warna hijau kental ditunjang pertulangan daun yang menonjol hampir simetris. Bila dipegang, daun terasa tebal, kesat. Tanaman ini akan dengan baik, kalau ditempatkan pada porous dengan asupan hara seimbang. Dalam keadaan baik, Alocasia tigrina bisa mencapai tinggi lebih dari 1 meter,” imbuhnya.

Sementara itu, ada juga penjual yang mengatakan bahwa perbedaan utama antara Alocasia tigrina dengan zebrina adalah warna daun, di mana Alocasia tigrina memiliki warna daun hijau yang lebih tua dibandingkan Alocasia zebrina. Nah, untuk harganya, Alocasia tigrina Sulawesi dengan 2 daun dijual mencapai Rp350 ribu, Alocasia tigrina yang masih anakan harganya Rp85 ribu, Alocasia tigrina dengan batang berduri dijual Rp175 ribu, dan Alocasia tigrina lokal reticulata tato dengan batang ukuran 35-60 cm Rp250 ribu.

Berbeda dengan di Indonesia yang menganggap bahwa Alocasia tigrina dan zebrina adalah dua jenis tanaman yang berbeda, di forum luar negeri Botanical Garden justru menyebutkan bahwa Alocasia tigrina dan zebrina hanyalah variasi alami. “Banyak orang cenderung percaya jika daun tanaman tidak terlihat sama persis, mereka pasti spesies yang berbeda tetapi itu tidak benar. Jika DNA ketiganya diperiksa, Anda hanya akan menemukan satu spesies, Alocasia zebrina,” demikian bunyi penjelasan di forum tersebut.

“Daun adalah salah satu detail yang paling tidak penting dalam menentukan spesies tanaman. Pada Alocasia zebrina, Alocasia Reticulata Zebrina, dan Alocasia Tigrina faktor-faktor tersebut hampir identik namun bilah daunnya sangat berbeda. Dari ketiganya hanya Alocasia zebrina yang merupakan sebuah spesies. Yang lainnya hanyalah nama hortikultura yang diberikan oleh petani dan penjual tanaman untuk tanaman yang ‘tampak’ unik,” imbuhnya.

Loading...