Untuk Menghias Kue, Berapa Harga Alat Semprot Whipped Cream?

Alat Semprot Whipped Cream - www.tokopedia.comAlat Semprot Whipped Cream - www.tokopedia.com

JAKARTA – Selain rasa, salah satu hal yang menjadikan sebuah kue sedap dipandang dan menggoda lidah adalah tampilan. Kue yang cantik akan membuat selera makan menjadi bertambah. Nah, untuk menghias kue ini, salah satu yang sering dipakai adalah whipped cream. Namun, untuk bisa mengaplikasikan tersebut, diperlukan bantuan semprot yang saat ini harganya berkisar ratusan ribu untuk ukuran 500 ml.

Dilansir dari Tempo, whipped cream sering disandingkan dengan heavy cream. Kedua bahan ini sendiri sama-sama krim yang bisa dikocok sampai mengembang. Perbedaan keduanya hanya terletak pada kandungan susunya. Menurut situs Popsugar, whipped cream punya kadar susu sekitar 30 persen, sehingga akan mengembang dua kali lipat ketika dikocok.

“Whipped cream adalah krim yang sudah dikocok. Jika memakai krim segar, maka yang dikocok adalah whipping cream,” tulis Detik Food. “Krim ini merupakan krim yang kadar lemak susunya tinggi sehingga kalau dikocok akan kental. Bentuknya cair putih seperti susu, dan dalam kemasan karton di swalayan besar atau bahan kue.”

Meski terkesan modern, sebenarnya whipped cream telah digunakan Eropa sejak abad ke-16 silam. Kala itu, mereka masih menyebut bahan ini dengan istilah salju susu atau krim salju karena memang bentuknya yang menyerupai salju. Kemudian, memasuki abad ke-18, istilah whipped cream mulai menjadi populer.

Untuk mengaplikasikan bahan ini ke makanan, terutama kue dan dessert, Anda harus menggunakan alat semprot whipped cream, yang juga sering disebut dengan cream whipper. Pertama-tama, masukkan whipped cream ke tabung alat, lalu pasang head atau penutup tabung dan pastikan karetnya terpasang di dalam head untuk mencegah udara keluar dari tabung.

Putar searah jarum jam hingga penutup terpasang dengan kencang. Setelah itu, lepaskan penutup charger dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam. Masukkan cream charger ke dalam charger holder dengan posisi ujung menghadap keluar, pasang cream charger dan charger holder, kencangkan. Kemudian, pasang nozzle pada head cream whipper sesuai , kocok alat beberapa kali, lalu semprotkan whipped cream sesuai .

Jika Anda juga berencana menghias kue dengan whipped cream, tidak sulit menemukan alat semprot ini. Di pasaran dalam negeri, merk Latina 500 ml misalnya, dijual dengan harga Rp725 ribuan. Selain itu, ada juga alat sejenis yang dijual dengan harga Rp400 ribu hingga Rp500 ribuan, yang diklaim terbuat dari bahan aluminium.

Loading...