Harga Alat Mulai Rp 100 Ribuan, Shisha Banyak Dipakai Jadi Alternatif Pengganti Rokok

Shisha - www.pamoja.co.tzShisha - www.pamoja.co.tz

Vapor dan shisha atau hookah kini mulai dilirik kalangan muda karena disebut-sebut lebih aman dibandingkan rokok konvensional. Alhasil banyak yang mulai mencoba membeli -alat shisha dan meraciknya sendiri di rumah agar bisa digunakan kapan saja. Lantas benarkah shisha lebih aman daripada rokok?

Berdasarkan yang dilakukan oleh para dari The University of Pittsburgh School of Medicine, hanya dari satu sesi menggunakan shisha ternyata menghasilkan nikotin 2,5 lebih banyak, monoksida 10 kali lebih banyak, tar 25 kali lebih banyak, dan asap 125 kali lebih banyak daripada 1 batang rokok.

“Ini bukan perbandingan yang sempurna, karena orang yang merokok dan orang yang menggunakan shisha caranya sangat berbeda,” kata pemimpin penulis studi, Dr. Brian A. Primack, PhD, seperti dilansir Liputan 6. Lebih lanjut Dr. Brian menjelaskan bahwa perokok bisa saja merokok lebih dari 20 batang per hari, sedangkan rutin shisha mungkin melakukannya lebih sedikit sepanjang periode waktu yang sama.

“Kami harus melakukan analisis untuk membandingkan satu sesi menggunakan shisha dengan satu rokok, karena itulah cara studi untuk mendasari temuannya. Jadi yang baru kami temukan ini, belum bisa memberitahu secara persis mana yang lebih buruk. Namun perokok shisha, sebenarnya terpapar lebih banyak racun, lebih dari apa yang mungkin mereka sadari,” sambungnya.

Shisha alias hookah kini banyak diminati karena menawarkan rasa yang lebih beragam dan jika dihitung ternyata membeli 1 alat shisha relatif lebih murah dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli rokok untuk satu bulan. Untuk diketahui, shisha memiliki bentuk mirip sebuah tabung atau lampu minyak yang di bagian bawahnya terdapat tabung untuk air dingin yang dimanfaatkan sebagai penyaring.

Kemudian bagian tubuhnya yang ramping adalah jalur pembakaran, sedangkan di bagian atas adalah tempat untuk meletakkan bara api dan tembakau. satu paket alat shisha ukuran kecil di relatif terjangkau, hanya mulai Rp 118 ribuan saja, lengkap dengan selang, arang, dan tembakau Al-Fakher yang dapat dipakai 8-10 kali.

Selain shisha dengan 1 selang, ada pula shisha berukuran besar yang terdiri dari 2 selang. Harganya tentu saja lebih mahal, yakni bisa mencapai Rp 500 ribuan jika desainnya terlihat mewah. Shisha biasanya banyak di kota-kota besar seperti Jakarta, Malang, Surabaya, dan sebagainya.

Loading...