Mampu Deteksi Berbagai Penyakit, Berapa Harga Alat CT Scan?

Ilustrasi : Alat CT Scan untuk deteksi berbagai penyakit - www.honestdocs.id

(computed tomography scan) termasuk salah satu penemuan yang canggih dalam dunia kedokteran dan masih digunakan hingga saat ini untuk mendeteksi berbagai penyakit. bekerja dengan menggunakan komputer dan x-ray. Fungsi utama dari CT scan adalah memindai tubuh supaya menghasilkan serangkaian gambar dari struktur dan jaringan tubuh pasien. dan kemampuannya yang andal tersebut membuat mesin atau alat CT scan bisa dijual dengan harga yang mahal.

Sebagai , CT scan merek Philips 12 slice saja bisa dijual dengan harga sekitar Rp7 miliar dan CT scan merek Toshiba Aquilion 16 slice harganya Rp3 miliar. Jika mencari yang lebih “murah” bisa membeli alat CT scan refurbished second (bekas) 1 slice merk Hitachi Japan dengan harga sekitar Rp500 juta atau Rp1,6 miliar untuk tipe 8 slice.

Apabila dibandingkan dengan pemeriksaan rontgen biasa, hasil pemeriksaan CT scan disebut lebih detail. CT scan dapat dipakai untuk melihat kondisi kepala, bahu, tulang belakang, jantung, perut, lutut, maupun dada pasien. Kondisi jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang di berbagai bagian tubuh pun bisa diamati melalui CT scan.

Menariknya, bagi para ahli di New York ternyata CT scan dinilai bisa menjadi metode yang lebih baik dalam mendiagnosis (Covid-19) pada seseorang dibanding tes swab (PCR test). “Teknologi CT scan secara luas digunakan untuk mendiagnosis kasus-kasus di China di mana para ilmuwan menyebut mereka mampu mendeteksi tanda-tanda Covid-19,” demikian seperti dilansir dari The Sun melalui Kompas.

Dalam sebuah dijelaskan bahwa tes swab yang dipakai pada hidung dan tenggorokan untuk mendeteksi gejala kini telah mengalami penurunan tingkat efektivitas hingga 30% dari orang yang terinfeksi. Kekurangan tersebut disebut sebagai “kesalahan negatif”.

Para dokter dari Sistem Kesehatan Mount Sinai di New York mengatakan, CT scan mampu mengidentifikasi pola-pola spesifik di paru-paru sebagai penanda virus ketika mereka lebih dari dua minggu. “Pemindaian CT scan adalah alat diagnostik yang sangat kuat karena Anda dapat melihat organ bagian dalam secara tiga dimensi. Anda juga dapat melihat manifestasi dari banyak penyakit,” kata pemimpin penelitian, Dr Adam Bernheim.

Loading...