Ternyata Bisa Dimakan! Segini Harga Akar Teratai di Pasaran Indonesia

Akar teratai (sumber: shopee)Akar teratai (sumber: shopee)

Teratai atau kembang seroja adalah yang begitu cantik dan tumbuh dengan baik di air. Tanaman satu ini bukan hanya bisa dinikmati visualnya saja, tetapi juga bisa dikonsumsi, khususnya bagian akar atau dalam istilah Bahasa Inggris disebut lotus root. Bagian akar teratai disebut-sebut dapat diolah menjadi berbagai resep yang menyimpan manfaat beragam untuk . Di Indonesia akar teratai dijual kisaran harga puluhan ribu .

Di beberapa , harga akar teratai 250 gram (1/4 kilo) dibanderol Rp17.500, akar teratai seberat 500 gr (1/2 kilogram) harganya Rp35 ribu, dan akar teratai per 1 kg dijual dengan harga Rp65 ribu par pack. “Akar teratai mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Jika dikonsumsi lama, dapat membantu menjaga kesehatan karena nutrisi penting yang ada di dalamnya,” demikian seperti dilansir dari Boldsky melalui Nusadaily.

Per 100 gram akar seroja atau teratai mentah kabarnya mengandung 79,10 gram air dan energi 74 kkal. Nutrisi penting lain yang terkandung dalam lotus root atau akar teratai adalah 2,60 gram protein, 17,23 gram karbohidrat, 4,9 gram serat makanan, 45 miligram kalsium, serta berbagai mineral dan vitamin lain.

Akar teratai biasanya diolah menjadi campuran sup, salad, hingga . Sepintas, tampilan akar teratai ini memiliki bentuk mirip ubi atau singkong dengan rongga-rongga di kelilingnya yang terlihat begitu cantik ketika diiris. Akar teratai mempunyai tajam atau sedikit manis. Banyak orang memakai akar teratai sebagai pengganti kentang putih karena diyakini memiliki kandungan nutrisi lebih unggul.

akar teratai disebut-sebut dapat mencegah sembelit, membantu mengatur tekanan darah, mengontrol berat badan, meningkatkan imun atau sistem kekebalan , mengobati anemia, membantu mencegah kanker, dan masih banyak lagi manfaat lain akar teratai untuk kesehatan.

Produk akar teratai biasanya dijual di supermarket tertentu. Jika kesulitan menemukannya di swalayan terdekat, akar teratai juga dapat dibeli secara online di sejumlah marketplace. Namun perlu diingat bahwa harga akar teratai di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Loading...