Berkhasiat Atasi Peradangan, Ini Harga Akar Manis di Pasaran

Akar manis - tribunnews.com

-obatan dari tanaman herbal makin dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada kondisi seperti sekarang. Tak melulu bicara empon-empon, akar atau licorice pun rupanya dipercaya bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Akar (licorice) kering dijual dengan harga mencapai Rp155 ribuan per 1 kg (kilogram). Jika diolah dalam bentuk bubuk seberat 1/4 kilo (250 gr) harganya dipatok Rp50 ribu. Lantas, apa sih keistimewaan akar yang bentuknya menyerupai batang kayu ini?

“Kalau akar manis atau lebih dikenal licorice, kandungan glycyrrhizin-nya dikenal bermanfaat untuk berbagai peradangan di saluran napas. Bahkan merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk pencegahan maupun pengobatan -19,” kata dosen dan peneliti bahan alam, dr. Fenny Yunita, M.Si., Ph.D, seperti dilansir Medcom.

Sebagai informasi, akar manis kabarnya telah digunakan dalam dunia pengobatan alami sejak dulu kala. Selain mengandung glycyrrhizin, akar manis juga memiliki beberapa kandungan zat lain, seperti saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, glabrolida, glukosa, sukrosa, asam likuiritat, asam hidroksiglisirhitat, zat pahit, minyak atsiri, dan aspargin. Akar manis atau licorice mempunyai sifat anti inflamasi dan spasmolitik. Salah satu akar manis adalah dikenal dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Meskipun dipercaya berkhasiat dan mempunyai banyak manfaat, konsumsi akar manis sebaiknya tidak berlebihan. Pasalnya, konsumsi akar manis berlebihan dalam jangka waktu lama kabarnya justru dapat memicu timbulnya beberapa masalah kesehatan, seperti darah tinggi, kekurangan kalium, hingga edema.

“Kunci dalam pemanfaatan bahan herbal sebagai obat adalah keamanan dan kemanfaatan. Keamanan dibuktikan dengan uji toksisitas, sedangkan kemanfaatan dibuktikan dengan uji manfaat, baik pada sel, hewan, maupun manusia, melalui uji praklinis dan uji klinis,” tandas dr Fenny.

Akar manis sendiri bisa ditemukan dengan mudah di atau obat-obatan herbal. Jika kesulitan untuk menemukannya di toko herbal terdekat, tak ada salahnya juga membeli akar manis secara online di sejumlah marketplace. Harga akar manis dapat berubah sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Loading...