Banyak Dicari, Harga Akar Jati Mentah Bernilai Jual Tinggi

Akar Jati Bernilai Jual Tinggi - www.tokopedia.comAkar Jati Bernilai Jual Tinggi - www.tokopedia.com

Selain bagian batang, rupanya pohon jati pun memiliki nilai jual yang tinggi. Terlebih jika diolah menjadi sebuah . Sebagai contoh, akar kayu jati mentah yang diolah menjadi talenan daging saja dengan mencapai Rp400 ribu. Namun, jika sudah dibentuk jadi set meja dan kursi, harganya bisa tembus lebih dari Rp3 juta. Luar biasa sekali bukan?

Menurut Abdul Ghofur, pemilik Gallery Duta Craftindo yang berlokasi di Branjang, Ungaran Barat, Kabupaten , akar jati yang digunakan harus berusia puluhan tahun terpendam di dalam tanah. Selain itu, bentuk akar jati harus melengkung supaya lebih mudah untuk dirangkai jadi sebuah karya .

Tak heran jika kemudian Abdul Ghofur rela berburu akar jati hingga menyeberangi sungai dan mendaki bukit. Nantinya, akar jati yang telah dibentuk akan direkatkan dengan paku baja supaya kokoh dan awet. “Semua patung dibuat dari bahan mentah alami yaitu akar kayu jati yang didatangkan langsung dari Blora dan Kendal,” tutur Ghofur, seperti dilansir Bisnis.

Untuk membuat satu patung, Ghofur membutuhkan waktu yang beragam, tergantung dari tingkat kerumitan masing-masing. Ghofur biasanya membuat kerajinan akar jati menjadi patung dalam bentuk hewan, seperti kuda, kodok, ayam, rusa, hingga domba. Menurutnya kerajinan akar jati yang paling banyak diminati konsumen adalah patung kuda. “Saya sudah memulai usaha ini sejak 2010 lalu sampai sekarang pesanan juga sudah banyak,” papar Ghofur.

Sebelum bergerak pada tersebut, Ghofur mengaku sudah sering berhubungan dengan buyer-buyer dari luar negeri karena ia pernah bekerja di perusahaan asing dan kerap menemani buyer. Setelah ia memutuskan untuk berkarya sendiri, ia pun mulai membuat prototipe dan menawarkan karyanya pada buyer-buyer kenalannya. Rupanya tak disangka, banyak buyer yang langsung tertarik dengan karya Ghofur.

Ghofur mengatakan bahwa produk yang ia hasilkan lewat Gallery Duta Craftindo tak hanya diminati oleh konsumen lokal, tetapi juga sudah tembus mancanegara. “Untuk lokal saya memasok salah satunya ke Nirwana Resto & Stable untuk produk patung kuda dan sebagainya. Sedangkan untuk mancanegara mayoritas menyukai jenis produk berupa patung kayu seni instalasi dari akar jati alami dan beberapa negara yang pernah saya pasok, yaitu Malaysia, UK, USA, Jerman, Irlandia, Belgia dan UEA,” ungkapnya.

Loading...