Kerap Dibentuk Jadi Gelang, Harga Akar Bahar Termahal Bisa Tembus Jutaan Rupiah

Akar Bahar - www.republika.co.idAkar Bahar - www.republika.co.id

Akar bahar selama ini kerap dikaitkan dengan hal-hal yang sifatnya . Padahal akar bahar sendiri sebenarnya terbuat dari yang termasuk keluarga Anthoza, yakni yang tak mempunyai tulang belakang. Bentuk akar bahar pun unik, karena menyerupai tumbuhan dan hidup di dasar laut. Biasanya akar bahar diolah menjadi cenderamata seperti gelang. Yang lebih menarik lagi, harga akar bahar termahal bisa mencapai belasan juta rupiah.

seperti akar bahar laut asli seberat 10 gram mencapai Rp12,45 juta di salah satu marketplace. Kemudian ada juga akar bahar merah 1 ons seharga Rp400 ribu, akar bahar putih Rp350 ribu, hingga akar bahar hitam 1 kg Rp500 ribu. Jika diolah menjadi gelang, harganya sebenarnya tidak terlalu mahal, berkisar mulai belasan ribu rupiah saja di pasaran.

Salah satu tempat yang memiliki banyak akar bahar adalah Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Kabarnya, gelang akar bahar Banyak bukanlah sembarangan. baku gelang diambil dari dasar laut dengan kedalaman mencapai 30 meter. Pengambilannya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan harus oleh seseorang yang memiliki keahlian menyelam dan mempunyai pengalaman mumpuni.

Konon, selain dalam rupanya di sekitar akar bahar sering menjadi tempat tinggal ular laut yang dikenal berbisa. “Banyak ularnya, mengambilnya nyawa taruhannya,” ujar Yayat, warga asal Pulau Banyak, seperti dilansir Tribunnews.

Warga Pulau Banyak pun menjual gelang akar bahar tidak secara terbuka, karena mereka khawatir kurang cocok dengan harganya. Maklum saja, sebab cara membuat dan memperoleh bahan baku gelang akar bahar memang sulit. “Kalau sengaja ditawarkan, tidak enak sama kawan-kawan. Dijual tidak mungkin, sementara dikasih membuat serta bahan bakunya susah,” jelas Yayat.

Meski demikian, gelang akar bahar disebut-sebut mempunyai khasiat anti bisa yang berasal dari batu yang berada di ujung akar bahar. Gelang akar bahar berukuran besar buatan Yayat bisa mencapai Rp200 ribu. Selain untuk dewasa, gelang akar bahar juga banyak dibentuk dalam ukuran mulai untuk anak-anak.

Loading...