Salah Satu Pengobatan untuk Cacar Air, Berapa Harga Acyclovir Tablet 200 mg?

Mengonsumsi Obat Antivirus GenerikMengonsumsi Obat Antivirus Generik

Penyakit seperti cacar air dapat dialami oleh siapa saja. Selain sangat mengganggu akibat yang ditimbulkan, cacar air juga termasuk penyakit yang menular. Salah satu penanganan cacar air adalah dengan mengonsumsi antivirus generik seperti Acyclovir. satu ini tersedia dalam bentuk 200 mg dan 400 mg, cream, , hingga suntikan atau injeksi dengan harga yang bervariasi.

Adapun harga Acyclovir tablet 200mg di K24 berkisar mulai dari Rp700-an sampai Rp900-an per tablet. “Ada beberapa yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala cacar air. Pertama, Anda bisa menggunakan obat antivirus, seperti acyclovir. Selain itu, Anda perlu membatasi kegiatan agar tak menularkan penyakit ke orang lain,” demikian seperti dilansir dari Southern Cross melalui Kontan.

Acyclovir sendiri merupakan obat antivirus generik dengan kandungan Acyclovir yang memiliki kegunaan untuk mengobati akibat seperti Varicella zoster dan Herpes simplex. Acyclovir dipakai untuk terapi Herpes simplex tipe 1 dan 2, herpes genital, serta cacar air dan cacar api. Obat Acyclovir bekerja dengan cara menghambat virus herpes simplex DNA polymerase dan replikasi DNA virus, sehingga mencegah sintesis DNA virus tanpa memengaruhi sel normal (sel tubuh).

Namun perlu diingat, Acyclovir termasuk obat keras yang harus diminum sesuai dengan petunjuk . Umumnya, untuk mengatasi kondisi cacar air dewasa dapat diminum dengan dosis 800 mg 4-5 kali per hari selama 5-7 hari, sedangkan untuk anak berusia di atas 2 tahun dosisnya 20 mg/kgBB sebanyak 4 kali per hari selama 5 hari. Dosis harian maksimal adalah 800 mg. Obat Acyclovir dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Obat Acyclovir mungkin menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, muntah, diare, sakit perut, vertigo, kebingungan mental, mengantuk, rambut rontok, sedikit peningkatan kadar urea dan kreatinin darah, sakit kepala, hingga kelelahan. Penggunaan Acyclovir pada usia lanjut dengan bersihan kreatinin abnormal serta wanita hamil dan menyusui wajib diwaspadai. Acyclovir tersedia di toko obat dan apotik terdekat dengan harga yang beragam.

Loading...