Harga 1 Ons Emas Naik Tipis di Tengah Ekspektasi Penurunan Suku Bunga

Emas 1 ons (sumber: aliexpress.com)Emas 1 ons (sumber: aliexpress.com)

– Pada perdagangan Jumat, emas terpantau naik tipis usai menguat lebih dari 1 persen pada sesi perdagangan sebelumnya. Naiknya emas ini ditengarai karena posisi dolar AS sedang tertekan. Terlebih karena ekspektasi penurunan acuan The Fed pun juga telah menopang kenaikan emas.

Emas dilaporkan naik tipis ke harga USD 1.283,58 per 1 ons. Harga tersebut menguat 1,1 persen ke level tertinggi dalam sepekan di posisi USD 1.287,23 per ounce pada Kamis. Harga mulia tersebut telah menguat 0,5 persen sepanjang minggu ini, demikian seperti dilansir CNBC melalui Liputan6. Di sisi lain, harga emas berjangka AS turun USD 1,80 ke posisi USD 1.283,60 per ounce.

Harga emas berhasil naik karena melemahnya kurs dolar AS di tengah kekhawatiran terkait konflik perdagangan antara Amerika Serikat dengan China yang diprediksi bisa mengancam stabilitas perekonomian AS. Di samping itu, data ekonomi AS pun turut menekan dolar AS. Adapun data produksi barang tahan lama AS dan data aktivitas manufaktur yang melemah telah membuat dolar AS terpuruk, jatuh dari level tertinggi dalam 2 tahun.

“Data produksi barang tahan lama tidak memenuhi harapan. Biasanya, emas akan reli karena hal ini. Tetapi saat ini saham diperdagangkan lebih tinggi, yang menekan harga emas,” ujar analis RJO Futures Bob Haberkorn.

uang di seluruh dunia terpantau naik usai komentar Presiden AS Donald Trump yang mendorong harapan kemajuan dalam perbincangan perdagangan antara AS dengan China. Memanasnya konflik perdagangan dan data ekonomi yang lemah memunculkan ekspektasi penurunan suku bunga . Biasanya suku bunga yang lebih rendah akan mendukung harga emas karena berkurangnya pembelian.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir pada hari Jumat (24/5), harga emas batangan PT (Antam) Tbk terpantau naik Rp 4.000 dari Rp 662 ribu menjadi Rp 666 ribu per gram di Butik LM Pulogadung, Jakarta. Sedangkan di Pegadaian, harga emas batangan cetakan UBS hari ini, Sabtu (25/5) juga berada di angka Rp 666 ribu per 1 gram.

Loading...