Harga 1 Lusin Murah, Mangkok Plastik Tersedia dalam Berbagai Ukuran

Mangkok Plastik - www.bukalapak.comMangkok Plastik - www.bukalapak.com

Memiliki perkakas dapur atau dari seperti keramik atau gelas memang menjadi dambaan para . Selain terkesan indah dan mewah, desain makan seperti piring, mangkuk, cangkir, atau gelas dari keramik dan kaca biasanya lebih beragam. Namun seperti kaca dan keramik sangat rentan pecah dan bobotnya pun cukup berat. Oleh sebab itu, beberapa orang ada yang lebih menyukai mangkok atau gelas dari plastik karena jauh lebih praktis dan harganya pun relatif murah.

Selain untuk keperluan rumah tangga, mangkok plastik juga kerap dipakai oleh para untuk menyajikan makanan atau bahkan mengemas makanannya agar bisa dibawa pulang oleh konsumen. Sebagai informasi, harga mangkok plastik 1 lusin ukuran kecil (tinggi 7 cm, diameter atas 12 cm, dan diameter bawah 6 cm) Rp 26 ribu, sedangkan mangkok plastik dengan tutup yang ukurannya agak besar (diameter 14,5 cm dan tinggi 6,5 cm) dibanderol Rp 65 ribu per lusin.

Meski wadah plastik dikenal cukup praktis, banyak pihak yang kini berupaya untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. Pasalnya sifat plastik yang mudah meleleh bila terkena panas menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat bahwa makanan yang ada di dalamnya dapat tercemar bahan berbahaya.

Akan tetapi, menurut toksikologi dari University of Adelaide Australia Dr. Ian Musgrave, wadah plastik food grade (yang dinyatakan aman untuk makanan) rupanya tidak sebegitu membahayakan seperti yang orang kira. “Tak ada yang namanya ‘nol risiko’. Namun, menurut informasi terbaik yang kami terima, risiko terkait cemaran plastik dari wadah makanan yang diperbolehkan tak signifikan,” kata Dr. Musgrave, seperti dilansir ABC Australia melalui Detik.

Adapun 2 plastik yang biasa dipakai untuk peralatan makan adalah melamin dan polipropilen (kode daur ulang 5. Melamin dikenal sebagai zat yang beracun bagi tubuh manusia, terutama jika dikonsumsi dalam konsentrasi tinggi. Tetapi, menurut studi di Taiwan, orang yang mengonsumsi makanan berkuah panas (90⁰C) yang dituangkan ke mangkuk melamin mengeluarkan sedikit zat tersebut dalam air seni mereka. Hal ini mengindikasikan jika melamin dari mangkuk sup telah diserap oleh tubuh.

Dr. Musgrave mengungkapkan jika risiko terkena melamin dari mangkuk makanan panas sangat rendah. “Melamin yang masuk ke tubuh 600 kali lebih sedikit daripada batas konsumsi terketat sekalipun,” paparnya. Meski demikian, Musgrave berpendapat jika tidak ada bahan yang tidak mengeluarkan zat tertentu bila terkena panas. “Namun, apapun yang masuk ke makanan Anda kadarnya jauh lebih rendah daripada batas yang ditetapkan,” ucapnya.

Loading...