Hard Fork Baru Bikin Bitcoin Naik, Sementara Ethereum Belum Dapat Mengatasi Resistensi $ 200

Ilustrasi : Bitcoin dan Ethereum - usethebitcoin.com

Berdasarkan data CoinDesk, hari ini, Minggu (4/11) terpantau turun tipis 0,13 persen menjadi 6.338,80 per 1 BTC atau sekitar Rp 94,7 jutaan jika dikonversikan dalam , setelah dibuka pada level USD 6.346,81. Sepanjang hari ini bitcoin telah bergerak pada kisaran angka USD 6.327,80 hingga USD 6.347,24.

Selama 24 jam terakhir, Bitcoin Cash (BCH) telah naik sekitar 12% dari USD 425 menjadi USD 477 sebelum hard fork-nya. Pada (2/11) lalu, CCN melaporkan bahwa Bitcoin.com dan Binance memutuskan untuk mendukung versi Bitcoin Cash yang ditetapkan oleh ABC, pengembang asli software BCH yang bercabang jaringan blockchain bitcoin tahun lalu.

Pada (3/11), Coinbase merilis pernyataan pada para terkait dukungannya untuk roadmap Bitcoin Cash asli dari bitcoincash.org. Selama 2 pekan ke depan, Coinbase akan mengambil langkah yang tepat untuk mengevaluasi jaringan dan mendukung BCH.

“Dua kali setahun, hard fork jaringan Bitcoin Cash (BCH) sebagai bagian dari upgrade protokol terjadwal. Hard fork BCH berikutnya dijadwalkan pada 15 November 2018, dan Coinbase siap untuk mendukung roadmap yang dipublikasikan dari bitcoincash.org. Namun, tidak seperti BCH fork sebelumnya, ada proposal yang bersaing yang tidak kompatibel dengan roadmap yang dipublikasikan ini,” demikian bunyi pernyataan Coinbase.

Secara historis, nilai utama seperti BTC dan cenderung naik sebelum rilis sebuah fork karena investor dari rantai asli dihargai dengan kripto baru berdasarkan rasio 1:1. Menurut analis teknis cryptocurrency Eric Thies, dalam koreksi besar sebelumnya, cryptocurrency tidak menunjukkan tingkat volatilitas yang rendah sampai fase akumulasi.

Sementara itu, harga ethereum hari ini terpantau naik tipis sebesar 0,06% menjadi USD 200,31 atau sekitar Rp 2,9 jutaan setelah dibuka pada posisi USD 200,19. Sepanjang hari ini telah bergerak di kisaran USD 199,93 hingga USD 200,38. Harga ethereum dilaporkan mempertahankan kisaran sempit pada Sabtu, tidak dapat mengatasi resistensi USD 200 karena pasar kripto terus mencari katalis baru.

Di sisi lain, Securities and Exchange Commission (SEC) AS terus melakukan lebih banyak tindakan penegakan hukum ke pasar ICO (Initial Coin Offering) sejak tahun lalu, mengirimkan sinyal kuat bahwa crowdfunding yang bergantung pada ethereum menghadapi pengawasan ketat dari regulator.

Loading...