Hanya Dilapisi Emas, Harga Perhiasan Kode 18KGP Jauh Lebih Murah dari Emas Murni

Harga Perhiasan - www.orori.comHarga Perhiasan - www.orori.com

memang banyak jenisnya, biasanya dibedakan berdasar karat yang menggambarkan kadar di dalamnya. Beberapa perhiasan juga dilengkapi kode-kode di bagian pengait (untuk kalung) atau di balik cincin yang mungkin tidak banyak diperhatikan oleh para pemakainya. Padahal kode tersebut ternyata memiliki arti . Salah satu kode yang mungkin paling sering ditemui adalah ‘18KGP’. Apa artinya kode tersebut?

Rupanya ‘18KGP’ singkatan dari emas 18 Karat Gold Plated, yang artinya sebuah perhiasan dengan kode 18KGP tidak terbuat dari emas hingga ke bagian dalam-dalamnya, tetapi hanya dilapisi dengan emas saja, alias gold plated dengan lapisan cukup tipis, hanya 18K (karat). Sementara itu bagian dalam dari perhiasan itu biasanya bukan emas, tetapi jenis logam lain seperti tembaga fosfat yang kemudian ditempa dalam suhu tinggi dan ditutup dengan lapisan emas.

“Perhiasan gold plated terbuat dari logam dasar (misalnya tembaga atau perak) yang memiliki lapisan emas yang sangat tipis di bagian permukaannya. pelapisan emas dilakukan dengan memasukkan logam dasar dalam larutan yang mengandung ion emas bermuatan positif. Aliran digunakan untuk mengubah muatan logam dasar menjadi negatif dan menarik ion-ion emas sampai membentuk lapisan tipis di atasnya. Kadar emas pada perhiasan gold plated sangatlah kecil dan hampir tidak dapat diukur. Mungkin kadar emasnya hanya 0,05% atau lebih kecil dari berat perhiasan. Karena itulah, perhiasan gold plated tidak bisa dikatakan sebagai perhiasan emas,” demikian seperti dilansir Orori.

Karena bukan perhiasan emas murni (gold filled jewelry), tentu saja emas 18KGP pun relatif lebih murah. Sebagai contoh untuk perhiasan seperti cincin emas 18KGP saja harganya hanya Rp 98 ribu, kemudian kalung beserta liontin 18KGP harganya Rp 120 ribu. Jika dipadukan dengan lain seperti kristal Swarovski, maka perhiasan seperti kalung Swarovski emas 18KGP pun akan menjadi lebih mahal, mencapai lebih dari Rp 200 ribuan.

Walaupun bukan emas murni, secara tampilan ternyata emas 18K Gold Plated hampir mirip dengan emas asli. “Anda dapat tetap tampil mempesona tanpa perlu menggunakan perhiasan emas murni yang harganya jutaan . Perhiasan lapis pelat emas memang sudah banyak dijual, bahkan untuk merek perhiasan ternama seperti Swarovski,” kata salah satu emas 18KGP.

Loading...