Hadirkan Pesona Wisata Alami, Biaya ke Pulau Tunda Relatif Murah

Biaya, ke, pulau, Tunda, Serang, Banten, Jakarta, murah, mudah, open, trip, operator, perjalanan, menyediakan, fasilitas, transportasi, akomodasi, wisata, penginapan, homestay, peralatan, alat, snorkeling, terminal, Pakupatan, wisatawan, taman baca, pulau seribu, waktuDermaga di Pulau Tunda (youtube: Andrea Tri Wibowo)

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Tunda tiba-tiba menjadi terkenal setelah dikaitkan dengan isu reklamasi. Tunda, sebelum terkenal karena isu reklamasi sebenarnya sudah dikenal sebagai lokasi wisata bahari dari Provinsi Banten. Beberapa operator perjalanan rutin membuka perjalanan gabungan ke Tunda.

“Pulau Tunda ini alternatif hemat dibanding Pulau Seribu. Akses wisata masih terbilang dekat dari Jakarta, hanya dua jam perjalanan. Wisata alam lautnya juga tidak kalah dengan Pulau Seribu atau Pulau Pahawang (Lampung), masih alami juga,” kata Lumi, founder Lumi Trip pada KompasTravel.

Opiek dari operator perjalanan pulautunda.com lewat wawancara dengan KompasTravel juga membenarkan jika Pulau Tunda memiliki pesona yakni wisata alam yang masih alami. “Airnya masih jernih, lautnya masih bersih, hutannya juga masih lebat,” kata Opiek.

Beragam aktivitas dapat dilakukan di Pulau Tunda, seperti snorkeling, memancing, trekking di hutan, melihat matahari terbenam. Jika beruntung, juga dapat melihat lumba-lumba di perairan Pulau Tunda.

Untuk menuju Pulau Tunda, memerlukan waktu dua jam perjalanan via darat dari Tol Jakarta-Merak, menuju Pelabuhan Karangantu di Serang, Banten. Dari sana perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal nelayan selama dua jam menuju Pulau Tunda.

Untuk , jangan khawatir karena penduduk lokal Pulau Tunda mulai banyak membuka homestay. “ di Pulau Tunda sudah lumayan, banyak yang non-AC karena listrik di sana masih suka mati,” kata Uya, marketing dari Supratour yang membuka jasa perjalanan ke Pulau Tunda.

Uya menyebutkan untuk konsumsi sudah disediakan oleh homestay, jika menggunakan jasa operator perjalanan. Selain penginapan, penduduk Pulau Tunda juga menyewakan snorkeling. “Ada banyak spot snorkeling di Pulau Tunda. Ada di bagian barat atau timur pulau,” kata Uya.

Karena belum banyak dikunjungi wisatawan seperti destinasi mainstream lain, biota laut di perairan Pulau Tunda masih terjaga. Bahkan jika beruntung Anda memang dapat melihat lumba-lumba berenang, khususnya saat air laut tenang. Sayangnya menurut Lumi, founder dari operator perjalanan Lumi Trip, letak Pulau Tunda yang di sebelah barat lokasi Kepulauan Seribu, membuat Pulau Tunda sering kebagian sampah yang terseret arus dari wisatawan di pulau-pulau wisata Kepulauan Seribu.

“Pulau Tunda ini sebenarnya bagian dari Kepulauan Seribu hanya letaknya lebih ke arah Banten-Serang. Kalau musim ombak, banyak kiriman sampah dari Kepulauan Seribu. Makanya jangan buang sampah ke laut,” kata Lumi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Tunda adalah saat musim kemarau, sekitar bulan Mei sampai November. “Tapi cuaca sekarang sulit diprediksi,” kata Uya.

Terakhir, Lumi menyarankan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Tunda ada baiknya membawa buku bacaan yang masih layak untuk disumbangkan ke taman baca yang ada di Pulau Tunda.

Saat ini, sudah banyak operator perjalanan yang siap menyediakan fasilitas transportasi, , dan konsumsi untuk berwisata di Pulau Tunda. Rata-rata dibanderol dari Rp300.000 – Rp500.000, tergantung titik temu Anda dari Jakarta atau dari Serang.

Mencapai pulau ini dari Jakarta juga bisa dibilang murah dan mudah. Jika Anda memilih ikut open trip yang praktis, Anda hanya butuh mengeluarkan Rp350 ribu untuk perjalanan dua hari satu malam. Biaya itu sudah termasuk homestay, makan 3 kali, peralatan snorkeling dan transportasi dari Pakupatan Serang. Nah, untuk menuju itu, Anda bisa naik bus dari Kampung Rambutan dengan mulai Rp28 ribu.

Loading...