Hadirkan Keindahan Alam Eksotis, Ini Biaya Nyebrang ke Pulau Peucang Ujung Kulon

Biaya, nyebrang, ke, pulau peucang, pulau, peucang, Ujung Kulon, wisata, backpacker, kapal, sewaan, tarif, sewa, akomodasi, memesan, pesan, guest house, penginapan, kawasan, bus, transportasi, kapasitas, trip, wisata, berwisata, Taman Nasional Ujung Kulon, Desa Sumur, Pandeglang, Banten, objek, gerbang, Sungai CigenterSampan di pesisir jernih Pulau Peucang (sumber: Tokopedia)

Siapa yang tak kenal dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Area seluas sekitar 122.956 hektare ini menjadi taman nasional pertama yang diresmikan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1992, setelah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1991. Tempat ini merupakan habitat asli sekaligus sanctuary bagi satwa badak Jawa yang jumlahnya tinggal puluhan ekor saja. Tak hanya menjadi rumah bagi badak Jawa yang langka, TN Ujung Kulon juga menjadi kawasan yang bisa Anda jamah keindahannya.

Ada banyak pilihan objek wisata yang tersebar di sekeliling pulau-pulau kecil di TN Ujung Kulon. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah Pulau Peucang. Pulau Peucang adalah gerbang utama Taman Nasional Ujung Kulon setelah menyeberang dari Desa Sumur, .

Makanya, pulau ini biasanya menjadi tempat pertama yang disinggahi wisatawan sebelum melompat ke pulau-pulau lainnya. Pulau ini menyediakan lengkap buat Anda yang ingin berlibur di sini, seperti penginapan, pusat , serta dermaga. Sampai di pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan pantainya yang berpasir putih.

Ombaknya cukup tenang, Anda bisa berenang, snorkeling, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri . Jangan heran jika Anda disambut oleh babi hutan dan monyet yang berkeliaran di sekitar panta. Ada aturan jika di Pulau Peucang ini Anda tidak boleh mendirikan tenda. Jika mau menginap, Anda bisa menyewa penginapan atau guest house yang tersedia di kawasan pulau.

Karena Anda harus menggunakan kapal yang disewakan dari Desa Sumur untuk mencapai pulau-pulau di Ujung Kulon, Anda tidak disarankan untuk berwisata sendirian. Ada baiknya untuk mengajak serta teman atau keluarga untuk pergi berombongan dan berbagi tanggungan biaya alias sharing cost.

Pada trip ini, memang memakan biaya paling besar. Sebuah kapal longboat biasanya berkapasitas 25-30 orang dengan biaya sewa sekitar Rp3.500.000. Idealnya, setidaknya Anda mengajak 25 orang teman untuk berwisata.

“Jika kuota kurang, cobalah undang rekan-rekan sesama traveler untuk bergabung dalam tripmu. Kamu bisa mengundang mereka lewat forum traveling seperti Backpacker Indonesia, atau bisa juga mengundang lewat jejaring sosial seperti grup Facebook. Selain tripmu jadi ramai dan murah, kamu juga bisa mengenal teman baru dan berbagi pengalaman. Siapa tahu kamu malah dapat jodoh,” kata salah seorang backpacker.

Agar wisata bisa berjalan lancar, jangan lupa melakukan booking keperluan transportasi dan akomodasi di TN Ujung Kulon maksimal dua minggu sebelumnya. Jika ingin memanfaatkan penginapan di Pulau Peucang, pastikan Anda memesan dan membayar uang tanda jadi pada pihak pengelola. Sementara kalau Anda memutuskan untuk camping di Pulau Handeleum dan berkano menyusuri Sungai Cigenter, hubungi penjaga pulau ini untuk memesan tempat dan bernego biaya pasang tenda di sana.

Nah, untuk bisa sampai ke Taman Nasional Ujung Kulon, Anda bisa menyeberangi laut lewat Desa Sumur, salah satu desa di ujung barat Pandeglang, Banten. Untuk mencapai desa ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 8 jam dari Jakarta. Agar dapat beristirahat di jalan dengan nyaman tanpa harus berganti kendaraan umum, Anda bisa mengatur untuk berangkat dari meeting point pada malam hari dengan menggunakan bus wisata sewaan. Tarif menyewa bus ini berkisar antara Rp5.000.0000 – Rp8.000.000 untuk bus ukuran besar dan full AC.

Nah, sesampainya di Desa Sumur, Anda harus melompat ke kapal sewaan dengan menggunakan sampan. Biaya atau tarif sewa kapal untuk ‘nyebrang’ dari Desa Sumur menuju ke Ujung Kulon ataupun Pulau Peucang dan pulau-pulau lainnya berkisar antara Rp3 jutaan – Rp4 jutaan. Sama halnya dengan akomodasi di Ujung Kulon, Anda juga harus memesan kapal jauh-jauh hari.

Loading...