Hadirkan Gebrakan Cukup Radikal, Berapa Harga 1 Set Drum Yamaha Rock Tour?

Harga, drum, yamaha, rock, tour, series, seri, kit, custom, di, pasaran, jual, toko, online, keunggulan, drummer, set,Drum Yamaha (sweetwater.com)

Mengingat drums sangat melekat dengan genre dan pemain Funk, Jazz, Fusion dan pop, kali ini gebrakan barunya merupakan sesuatu yang cukup radikal. Konfigurasi Rock Tour ini berbeda dengan drumset lainnya. Seri pertama pada versi ini adalah Rock Tour Custom, dan kemudian muncul versi terbaru berjuluk Rock Tour Kit.

Yamaha Rock Tour Custom merupakan jajaran profesional yang diproduksi oleh Yamaha Drums pada tahun 1990. Yamaha memproduksinya di kedua pabrik, yakni di Jepang dan Inggris. Yamaha memasarkan Rock Tour sebagai satu pilihan shell-pack dan juga membatasi jumlah add-on seminimal mungkin. Sementara ini membuat Rock Tour Series kurang komprehensif dibanding jajaran lainnya, namun Yamaha menganggap ini sudah mencakup kebutuhan mayoritas drummer Rock.

Banyak orang berpendapat bahwa konfigurasi dengan tom 12″, 13″ dan 16″ yang dari dulu dinamakan sebagai Rock drumset justru sudah ketinggalan zaman, karena masa kini Tom 13″ terlalu besar sebagai Rack Tom dan juga terlalu kecil sebagai Floor Tom. Nah, Yamaha melihat dengan jeli permasalahan ini. Maka dari itu mereka membuat konfigurasi yang memang unik tapi justru banyak dicari para drummer Rock masa kini.

Tidak sedikit para drummer yang mencari Floor ukuran 14″ dan mengabaikan tom 13″ nya. Namun, Yamaha Rock Tour Kit justru membuat konfigurasi yang paling pas karena konfigurasi ukuran tom-tomnya adalah 12″ Rack Tom, 14″ floor Tom, dan 16″ floor tom. “Keuntungan dari double floor tom ini adalah costumizing, bisa dilihat dari setup drum Alvin ‘Noxa’ yang menggunakan floor Tom 14″ pada sisi kanan, dan floor tom 16″ pada sisi kirinya. selain kofigurasi seperti ini unik dan enak dilihat, player sendiri akan dapat memainkan suatu variasi yang tidak terpikirkan sebelumnya,” ujar Benny ADJ, dalam forum Klinik Drum.

Drum ini juga menggunakan ‘ramuan’ kayu yang berbeda dari versi lama, yakni Tour Custom. Karena menggunakan USA Mahogany, maka suara yang dikeluarkan sangat penuh dan kaya akan frekuensi rendah, sustain pun dipotong sedikit dari ukuran ke dalam tom-tom yang cenderung lebih pendek.

Keunggulan berikutnya adalah drumhead yang disediakan dapat dibilang sudah layak pakai, terlebih untuk aliran Rock. Drumhead double ply bergaya ala pinstripe sudah digunakan pada setiap drumnya. Jadi para pengguna Rock Tour tidak perlu membeli drumhead di awal penggunaan, karena ketika baru dikeluarkan dari kardus, drum ini bisa langsung dimainkan dengan hasil tuning sederhana.

jual satu set drum Yamaha Rock Tour ini beragam, saat ini beberapa toko populer menjualnya di kisaran Rp10 juta hingga Rp12 jutaan.

Loading...