Gratis, Yuk Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Pap Smear Menggunakan BPJS!

Deteksi Kanker Serviks Lewat Pap Smear - hellosehat.comDeteksi Kanker Serviks Lewat Pap Smear - hellosehat.com

Kanker serviks atau leher rahim termasuk mematikan yang menghantui kaum . Setiap tahunnya kematian akibat kanker serviks terus meningkat. Dalam rangka meminimalisir dan mencegah kanker serviks, BPJS pun mengadakan layanan deteksi dini kanker serviks melalui pap smear. Para peserta aktif BPJS Kesehatan dapat menggunakan layanan pap smear secara gratis atau tanpa dipungut ke beberapa yang telah ditunjuk oleh BPJS.

Setidaknya ada beberapa laboratorium yang tercatat bekerja sama dengan BPJS, misalnya saja Lab Prodi, Lab Cito, Pramita, dan sebagainya. Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita, pap smear ditujukan pada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Layanan pemeriksaan pap smear dijamin BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan peserta memerlukan penanganan lanjutan, maka peserta akan dirujuk sesuai dan ketentuan yang berlaku,” ujar Afliana, seperti dilansir Kumparan.

Di Laboratorium Prodia misalnya, pemeriksaan pap smear gratis ini berlaku bagi peserta aktif BPJS Kesehatan selama periode Agustus-Desember 2018, namun hanya berlaku di beberapa cabang Lab Klinik Prodia. Persyaratan yang dibutuhkan antara lain membawa kartu BPJS Kesehatan/Askes/JKN KIS/Kartu Indonesia dan KTP (asli dan copy), peserta belum pernah melakukan pap smear dari BPJS atau sudah pernah melakukan pap smear dari BPJS lebih dari 1 tahun, serta memenuhi persiapan pap smear sesuai standar laboratorium.

Ketentuan untuk pap smear antara lain sudah menikah atau pernah melakukan hubungan seksual, tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi, tidak menggunakan tampon, jeli, krim vagina atau obat-obatan yang diberikan melalui vagina selama 2 hari (48 jam sebelum pemeriksaan), tidak melakukan pencucian vagina menggunakan cairan pembersih vagina selama 2 hari sebelum pemeriksaan, tidak melakukan hubungan seksual selama 24 jam sebelum pemeriksaan, dan juga mengisi formulir kesediaan pap smear.

Staf Hukum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Kota Bogor Halley Rasta Anggoro menambahkan, pelayanan pemeriksaan papsmear ini untuk 1 tahun sekali. “Tapi jika tiga kali hasil pemeriksaannya negatif, maka dapat diperiksa 5 tahun kemudian. Nanti jika perjanjian kerja samanya diperpanjang, pelayanan dibuka kembali,” tandasnya.

Loading...