Punya Keunggulan Geografis, Google Bangun Pusat Hardware di Taiwan

Google Bangun Pusat Hardware - www.information-age.comGoogle Bangun Pusat Hardware - www.information-age.com

TAIPEI – Pada Rabu (27/1) kemarin, menyampaikan rencana untuk memperluas tim penelitian dan pengembangannya di Taiwan, menjadikannya pusat rekayasa perangkat keras terbesar raksasa teknologi AS di luar Negeri Paman Sam. Ini sekaligus menjadi tanda semakin pentingnya Taiwan dalam rantai pasokan .

“Sebagian besar produk perangkat keras Google, termasuk smartphone Pixel, speaker pintar Nest, dan perangkat lain yang terhubung, dibuat dan dikembangkan di Taiwan,” tutur Elmer Peng, wakil presiden perangkat keras di Google Taiwan, dilansir dari Nikkei . “Tim Taiwan akan bertanggung jawab untuk pengembangan jajaran perangkat keras yang lebih luas di masa depan. Ini benar-benar inti dari gugus tugas perangkat keras global kami.”

Jumlah karyawan Google di Taiwan tumbuh 10 kali lipat antara 2016 hingga 2020, dengan kantor berada di enam kota, tetapi tidak diketahui jumlah pasti karyawan lokal. Peng hanya mengatakan bahwa tenaga kerja akan terus bertambah dalam lima tahun ke depan. Perekrutan yang direncanakan mencakup rekayasa perangkat keras, manajer , dan pemasaran, manajemen rantai pasokan dan antarmuka pengguna, serta ahli perangkat lunak dan pusat data.

Saat ini, Google memiliki lebih dari 100 lowongan pekerjaan dan magang di Taiwan, demikian menurut situs web perusahaan. Perusahaan tersebut telah berambisi memperluas jajaran perangkat kerasnya, sebuah langkah yang bertujuan untuk mengunci lebih banyak pengguna ke dalam ekosistemnya. Mereka adalah pembuat speaker pintar dengan aktivasi suara terbesar kedua di dunia setelah Amazon, menurut data Strategy Analytics.

Google kemarin membuka pusat rekayasa perangkat keras di New Taipei City dan mengatakan pihaknya berencana untuk membuka gedung lain di kompleks yang sama pada tahun 2023 mendatang untuk tenaga kerjanya yang terus bertambah. Pada tahun ini, Google juga akan meningkatkan peluang magang dengan posisi di bidang perangkat keras dan kolaborasi layanan Google Cloud dengan universitas setempat.

Dalam beberapa tahun terakhir, Google memang telah meningkatkan investasi dan keterlibatannya di Taiwan. Pada September tahun lalu, mereka mengumumkan akan membangun pusat data ketiganya di pulau itu, setelah mendirikan pusat data kedua di Taiwan pada 2019. Menurut perusahaan, Taiwan memiliki keunggulan geografis serta fakta bahwa beberapa kabel komunikasi laut dalam yang menghubungkan AS dan Asia melewati Taiwan, menjadikannya penting untuk pusat data.

Rantai pasokan perangkat keras di Taiwan merupakan daya tarik utama lainnya bagi Google. Perusahaan pada 2017 silam mengakuisisi tim penelitian dan pengembangan merk ponsel cerdas Taiwan, yang bekerja pada ponsel cerdas Pixel, seharga 1,1 miliar AS. Tim ini terdiri dari sekitar 2.000 insinyur perangkat keras dan perangkat lunak.

Tidak hanya itu, Google juga memiliki kolaborasi yang mendalam dengan pemasok teknologi Taiwan. Kemitraan ini mengembangkan chip akselerator kecerdasan buatannya sendiri, dibuat oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., sedangkan ponsel Pixel mereka dirakit oleh Foxconn dan Compal Electronics. Perusahaan ini juga memiliki hubungan dekat dengan Quanta Computer, yang membantu Google membangun Chromebook dan server pusat datanya.

Loading...