Gojek Rambah Kota Pontianak, Ini Rincian Tarif Layanannya

Gojek - bogordaily.netGojek - bogordaily.net

Kehadiran transportasi berbasis online, Gojek memang sempat menimbulkan polemik di Pontianak. Pasalnya kala itu menurut Wali Pontianak, Sutarmidji kemunculan Gojek masih belum sesuai dengan prosedur yang berlaku. Padahal akan transportasi ojek online dengan yang terjangkau di Pontianak cukup besar.

“Beberapa waktu lalu perwakilan Go-Jek memang sudah bertemu kita. Mengenai adanya kemelut kalau sebelumnya karena belum ada kejelasan mengenai dan sebagainya dari manajemen Go-Jek,” ujar Sutarmidji bulan lalu, seperti dilansir Tribunnews.

“Mereka bermain di , seakan-akan kita tidak mengizinkan, mau mengadu kita dengan masyarakat. Mereka sudah datang ke saya, tidak ada masalah. Saya bilang kantornya di mana, beritahu kita, penanggung jawabnya siapa, supaya kalau ada masalah bisa kita bantu selesaikan, itu saja,” imbuh Sutarmidji.

Lebih lanjut Sutarmidji memang kesulitan untuk mengizinkan operasional Gojek di Pontianak apabila belum mengantongi izin yang jelas. “Intinya kita tidak menolak, alasan mereka keterbatasan personel, tapi usaha mau masuk itu kan harus ada aturannya dulu. Supaya koordinasi gampang,” bebernya.

Sutarmidji juga menegaskan bahwa Gojek hanya diminta untuk memberitahukan di mana letak kantor dan penanggungjawab perusahaan. Pihaknya pun tak ingin mempermasalahkan izin operasional. Selama secara nasional telah diizinkan, maka menurutnya pemerintah daerah tak memiliki kewenangan untuk melarang. “Jangan mereka bermain di media sosial, seakan-akan kita tidak setuju. Jangan ada kayak gitu. Kita sudah paham. Intinya tidak ada yang melarang, hanya harus tertib administrasi, jangan adu pemerintah dengan masyarakat,” tandasnya.

Saat ini Gojek telah resmi beroperasi di Kota Pontianak. Ada berbagai yang disediakan, mulai dari Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan sebagainya. Untuk ojek online Go-Ride di Kota Pontianak dikenai tarif Rp 1.500 per km dari kilometer pertama dengan tarif minimum sebesar Rp 3.000. Order pada pukul 23.00-05.00 akan dikenai biaya tambahan Rp 3.000. Sedangkan pembayaran menggunakan Go-Pay akan mendapatkan 30% dengan maksimal Rp 10.000.

Tak seperti area Jabodetabek, di Pontianak tidak memberlakukan tarif jam sibuk (rush hour). Selain di Kota Pontianak, Go-Jek juga telah beroperasi di sejumlah kota lain yang tersebar di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, dan sebagainya.

Loading...