Giat Berinovasi, Ini Rincian Biaya Pasang Baru PDAM Di Sejumlah Lokasi

Biaya Pasang Baru PDAM Di Sejumlah Lokasi

Perusahan Daerah Minum (PDAM) di setiap yang ada di Indonesia kini semakin giat melakukan inovasi demi memikat banyak konsumen untuk memasang sambungan PDAM di tempat tinggalnya. Beberapa ada yang menawarkan pasang baru PDAM dengan biaya terjangkau, ada yang menawarkan layanan pemasangan secara , dan masih banyak lainnya.

PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang bahkan juga menerapkan strategi marketing Sabtu dan Minggu yang wajib dilakukan oleh seluruh pegawainya. “Prinsip kita door to door, kita menjemput bukan menunggu dan semua yang ada di PDAM Kota Tangerang di manapun dia bertugas apabila Sabtu Minggu itu akan ditugaskan sebagai marketing,” ujar Humas PDAM TB Kota Tangerang Ichsan Sodikin, seperti dilansir Kicaunews.

Lebih lanjut Ichsan menjelaskan bahwa yang memiliki penghasilan rendah tak akan dipungut biaya dalam pemasangan baru PDAM. Meski demikian, pemakaian air ke depannya akan tetap dikenakan biaya. Yang berhak menentukan kurang mampu adalah pihak kelurahan dan kecamatan.

“Ini yang sering disalah-kaprah oleh masyarakat, mentang-mentang dibilang gratis semua dianggap gratis. Contoh, masyarakat memakai air per hari 10 liter maka masyarakat cukup membayar itu saja dan apabila air itu tidak dipakai maka masyarakat tidak perlu membayar,” beber Ichsan.

Biaya pasang baru PDAM biasanya ditentukan setelah pihak petugas PDAM datang langsung ke tempat tinggal pelanggan untuk melakukan survei . Setelah survei, biasanya petugas akan memberikan rincian biaya yang dikenakan pada pelanggan untuk pemasangan sambungan PDAM baru.

Ada beberapa klasifikasi atau golongan konsumen yang ditetapkan oleh PDAM, yakni seperti tempat ibadah, rumah sakit pemerintah, rumah tangga, rumah susun, dan sebagainya. Sebagai contoh, biaya pasang baru PDAM di Jakarta untuk konsumen rumah tangga berkisar mulai dari Rp 961.500, kemudian PDAM Bandung mematok tarif pemasangan PDAM baru untuk rumah tangga mulai Rp 1.348.000 hingga Rp 2.558.000, PDAM Bekasi mulai Rp 1.320.000, dan PDAM Surabaya mulai Rp 1,1 juta.

Biaya pasang baru PDAM tersebut bersifat tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Agar lebih jelas, calon pelanggan disarankan langsung menghubungi kantor PDAM terdekat untuk mendapatkan informasi seputar biaya dan syarat pemasangan sambungan air baru PDAM.

Loading...