Gerbang Tol Dipindah, Ini Kisaran Tarif Tol Cikarang Utama-Palimanan

Gerbang Tol Cikarang Utama (sumber: tirto.id)Gerbang Tol Cikarang Utama (sumber: tirto.id)

Per bulan Mei 2019 lalu Tol (GT) Utama yang terletak di KM 29 -Cikampek rupanya tak lagi beroperasi. Alhasil transaksi pun dipindahkan ke GT Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. Ini juga menyebabkan skema tol mengalami perubahan.

Usai gerbang tol dipindahkan, maka pengguna Tol Jakarta-Cikampek jarak jauh (Jakarta IC-Cikampek) cukup melakukan 1 kali transaksi di salah satu gerbang tol baru pengganti GT Cikarang Utama, yakni GT Cikampek Utama di KM 70 untuk pengguna dari/menuju timur ( Tol Cikopo-Palimanan) dan GT Kalihurip Utama di KM 67 untuk pengguna dari/menuju selatan ( Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi).

Sistem tarif yang diterapkan kini menjadi transaksi terbuka yang terbagi menjadi 4 wilayah, yakni Wilayah 1 dengan tarif Rp 1.500 (Jakarta IC/Interchange – Pondok Gede Barat/Timur), Wilayah 2 dengan tarif Rp 4.500 (Jakarta IC – Cikarang Barat), Wilayah 3 dengan tarif Rp 12.000 (Jakarta IC – Karawang Timur), dan Wilayah 4 dengan tarif Rp 15.000 (Jakarta IC – Cikampek).

“PT Jasa Marga (Persero) Tbk merelokasi GT Cikarang Utama dalam rangka meningkatkan dan untuk mengurangi kepadatan/antrean di Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti, seperti dilansir Detik.

Adapun Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sendiri adalah jalan tol dari Cawang menuju Cikampek. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Palimanan (189) km yang mulai beroperasi sejak tahun 1988 silam. Tarif tol dari Jakarta (Cikarang Utama) sampai dengan Cirebon (Palimanan) sebelum adanya pemindahan gerbang tol sendiri sebelumnya berkisar Rp 111 ribu.

“Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek bagi pengguna jalan menerus dari Bandung menuju Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), yang sebelumnya dikenakan tarif sesuai jarak (sistem tertutup), saat ini dikenakan tarif merata Rp 15.000,” sambung Irra.

Sebelumnya, pengguna jalan di sekitar Kota Bukit Indah hanya dikenai Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar Rp 1.500 (untuk ruas Kalihurip – SS Dawuan), tetapi dengan adanya perubahan sistem transaksi dan tarif, maka masyarakat pun dikenai tarif merata Wilayah 4 sebesar Rp 15.000. “Kami imbau warga Kota Bukit Indah untuk dapat mengakses Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi melalui akses gerbang tol terdekat lainnya yang tidak masuk ke dalam wilayah Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yaitu masuk melalui GT Sadang sehingga tidak terkena pentarifan merata Wilayah 3,” pungkas Irra.

Loading...