Gagal Pergi Berlibur? Begini Cara Refund Tiket Citilink Lewat Traveloka

Ilustrasi: gagal berangkat dan prosedur refund tiket Citilink di TravelokaProsedur refund tiket Citilink di Traveloka

Rencana perjalanan yang tidak berjalan sesuai keinginan bisa membuat Anda terpaksa mengajukan pembatalan penerbangan. Meski terlanjur memesan dan melakukan pembayaran, Anda masih dapat menarik kembali dana yang telah berpindah tangan. Kemudian agen akan perjalanan mengembalikan dana tersebut ke rekening Anda.

Itulah proses . Singkatnya, adalah pengembalian sejumlah uang yang akan Anda terima atas pembatalan pemesanan penerbangan menurut yang berlaku, dan telah disetujui sebelumnya oleh pihak penyedia jasa dan pelanggan. Umumnya permohonan yang telah diajukan tidak dapat dibatalkan.

Indonesia juga menyediakan opsi refund (pengembalian uang pembelian tiket), serta reschedule (penjadwalan ulang penerbangan) bagi para calon penumpang yang penerbangannya dibatalkan,” ungkap Vice President Corporate Communication Indonesia Benny S. Butarbutar, dilansir Kumparan.

Adapun opsi refund ini akan diarahkan sesuai tempat pembelian tiket pesawat tersebut seperti agen pariwisata baik konvensional maupun , serta pembelian langsung melalui website resmi Citilink. Atau Anda bisa hubungi call centre Citilink di 08041080808.

Nah, jika Anda membeli tiket pesawat Citilink melalui Traveloka, Anda juga bisa refund tiket Citilink melalui ini.

Yang pertama kali harus dilakukan saat mengajukan refund tiket pesawat di Traveloka adalah memastikan tiket kita refundable. Traveloka pun membuat hal ini sangat mudah. Di setiap e-ticket tercantum keterangan apakah tiket yang kita beli bersifat refundable. Setelah itu, masuk ke menu Manage My Booking dan pilih refund.

Di sini, akan diminta memilih alasan mengajukan refund. Ada beberapa pilihan; natural disaster, death of passenger, dan lainnya. setelah itu, kita diminta memasukkan informasi nomor rekening yang digunakan untuk menerima transferan refund-nya.

Pengajuan refund dapat dilakukan melalui akun Traveloka Anda dengan mengikuti empat langkah mudah, pertama Log in ke akun Traveloka Anda. Jika belum memiliki akun, daftar sekarang dengan alamat email yang sama dengan yang Anda gunakan untuk memesan.

Setelah itu, pada halaman dashboard di akun Anda, pilih submenu Pesanan Saya. Pilih pesanan yang ingin Anda refund, lalu klik tombol Detail. Pada detail pesanan Anda, klik tombol Refund. Isi formulir refund dengan mengikuti petunjuk yang ada.

Proses refund Traveloka untuk voucher hotel butuh waktu kurang dari 30 hari kerja, sedangkan refund tiket pesawat butuh waktu kurang dari 90 hari kerja. Namun, tak menutup kemungkinan proses refund selesai kurang dari 7 hari kerja, tergantung pihak hotel atau maskapai. Proses transfer dana ke rekening Anda butuh waktu kurang dari 2 hari kerja, tergantung pihak bank.

Prosedur pengajuan refund di Traveloka ini sebenarnya mudah, tapi sayangnya, hal ini bisa menimbulkan kepanikan dan kebingungan tersendiri selama proses berlangsung. Beberapa hal yang masih membuat bingung pemohon refund di Traveloka adalah lamanya waktu untuk pengembalian dana dan besaran potongan yang dikenakan untuk setiap tiket yang dibatalkan.

Tidak semua maskapai juga mengizinkan Anda melakukan refund atau pembatalan penerbangan di Traveloka. Untuk mengetahui bisa tidaknya melakukan pembatalan atau refund untuk penerbangan Anda nantinya, Anda perlu teliti saat memesan tiket pesawat. Semua penerbangan yang muncul di hasil pencarian akan menampilkan informasi mengenai bisa tidaknya tiket tersebut di-refund pada rincian yang tersedia.

Loading...