Gagal Bertransaksi? Ini Ciri-Ciri ATM BCA yang Terblokir

Ilustrasi : Seseorang sedang mengambil uang di ATMIlustrasi : Seseorang sedang mengambil uang di ATM - www.finansialku.com

Sebagai ekstra, setiap , termasuk Central Asia () biasanya memiliki fitur blokir untuk menjamin keamanan dana nasabah yang tersimpan dalam atau . Pemblokiran ini bisa terjadi secara otomatis karena kesalahan nasabah atau bisa juga dilakukan atas permintaan nasabah ketika kartu tertelan, hilang, atau kondisi lainnya. Lalu seperti apa ciri-ciri BCA yang terblokir?

Apabila ATM terblokir, maka Anda biasanya akan ditolak atau tidak dapat melakukan apapun melalui mesin ATM. Bunyi tulisan penolakannya bisa bermacam-macam, misalnya saja Kartu ATM Anda Ditolak atau Silahkan Hubungi Call Center. Jika memang sudah terblokir, maka cara membuka atau mengaktifkan kembali rekening adalah dengan datang ke customer service BCA terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, KTP, dan juga biaya penggantian kartu (apabila harus ganti kartu ATM). Bisa juga dengan menghubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Rekening umumnya akan terblokir apabila Anda melakukan kesalahan input pin hingga 3 kali berturut-turut. Oleh sebab itu, apabila lupa dengan pin ATM sendiri, sebaiknya hentikan input pin jika sudah 2 kali salah dan kembali lagi esok hari. Sebab biasanya 2 kali kesalahan pengisian pin sebelumnya tidak dihitung pada hari berikutnya, atau dengan kata lain nasabah masih memiliki 3 kali kesempatan lagi seperti awal.

Saat ini pun memberlakukan kewajiban penggunaan chip pada kartu debit, termasuk debit BCA. Oleh sebab itu nasabah diharuskan mengganti kartu ATM yang sebelumnya memakai pita magnetik (magnetic stripe) menjadi kartu yang dilengkapi chip paling lambat tahun 2021 depan.

BCA sendiri memiliki kartu debit yang beredar sekitar 15,5 juta. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 3 juta kartu yang telah dilengkapi chip. “Yang belum ada chip 12 juta kartu,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, seperti dilansir Tribunnews.

Oleh sebab itu, BCA terus mendorong nasabah agar mengganti kartu debitnya dengan kartu yang telah dilengkapi chip. Selain datang ke kantor cabang. Penggantian kartu ini juga dapat dilakukan melalui mesin CS otomatis di beberapa kantor cabang besar BCA.

Loading...