Usaha Makin Berkembang, Franchise Barbershop Murah Berkisar Mulai Puluhan Juta Rupiah

Potong Rambut di BarbershopPotong Rambut di Barbershop

Tak ingin kalah dengan para wanita, kaum kini juga tertarik untuk memiliki penampilan yang menawan dengan datang ke barbershop. Berbeda dengan tukang cukur biasa, di barbershop khusus bahkan saat ini tersedia beragam yang lengkap. Oleh sebab itu bisnis franchise atau waralaba barbershop makin diminati. Untuk barbershop kelas ternama tentu saja butuh modal awal yang cukup besar mencapai ratusan juta . Sedangkan untuk barbershop kelas menengah yang dibutuhkan relatif murah, berkisar puluhan juta saja.

Sebagai gambaran, barbershop terkenal seperti Ixobox misalnya, menarik biaya franchise Rp400 juta bagi para mitra yang tertarik menjalankan bisnis tersebut. “Bagi yang tertarik investasi, harus disiapkan nilai investasi sekitar Rp400 juta. Dana tersebut sudah termasuk semua yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Ixobox. Mitra tinggal tempat sesuai standar Ixobox. Untuk keuntungannya, dilakukan melalui sistem bagi hasil,” kata Danny Anthonius, Founder & Managing Partner Ixobox, seperti dilansir Swa.

Tak jauh berbeda, Captain Barbershop juga menyediakan kemitraan dengan nilai investasi berkisar mulai Rp300 juta, Rp350 juta, dan Rp400 juta. Seluruh investasi itu sudah mencakup franchise fee, biaya renovasi, perlengkapan , dan peralatan cukur rambut. Albert Tang, pemilik Captain Barbershop mengatakan bahwa mitra tinggal menyiapkan lokasi, akomodasi, dan peralatan penunjang. “Biasanya sih ada TV dan AC,” bebernya.

Lebih lanjut Albert menambahkan, target minimum omzet bagi mitra adalah Rp38 juta sampai Rp68 juta per bulan dengan asumsi balik modal dalam kurun waktu 9-13 bulan. Kontrak kerja sama franchise berlaku selama 3 tahun dan selama itu pula mitra harus menyisihkan 5% pendapatan kotor untuk pusat. “Setelah tiga tahun ada biaya revisi sistem sebesar Rp50 juta,” ungkapnya.

Meskipun franchise barbershop rata-rata membutuhkan biaya besar, di daerah seperti Mojokerto nyatanya juga ada yang menawarkan franchise barbershop murah dengan biaya mulai Rp35 juta saja seperti Ndasmu Barbershop. Tersedia 5 paket waralaba dari Ndasmu Barbershop, mulai dari Paket A seharga Rp35 juta, Paket B Rp45 juta, Paket C Rp51 juta, Paket D Rp85 juta, dan Paket E Rp104 juta. Modal yang dibutuhkan kabarnya hanya sekali dan dikenai royalty fee 9% untuk paket waralaba investasi sebesar Rp45 juta.

Loading...