Biasa Digunakan di Lab Gemologi, Harga FTIR Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Harga FTIR - www.polymergroup.czHarga FTIR - www.polymergroup.cz

laboratorium kini semakin beragam jenisnya seiring dengan zaman. Berkat kemajuan -alat tersebut, pun bisa melakukan berbagai pengujian, termasuk untuk menguji keaslian batu permata, kemurnian air zam-zam, dan keperluan lainnya. Dengan bantuan yang dinamakan FTIR misalnya, masyarakat bisa mengetahui keaslian batu permata di Pegadaian.

Sejak beberapa tahun lalu, PT Pegadaian telah melengkapi laboratorium batu permata (G-Lab) dengan berbagai peralatan berstandar dan menjadi satu-satunya laboratorium gemologi pertama di yang menggunakannya. “G-Lab adalah laboratorium batu permata yang memberikan layanan pengujian, sertifikasi, dan riset. Oleh karena itu, untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan pelayanan, kami melengkapi berbagai peralatan berstandar internasional,” kata General Manajer Emas Pegadaian Boedi Prasodjo, seperti dilansir Kontan.

Ada sejumlah alat yang mengisi G-Lab milik Pegadaian, antara lain Raman Spectroscope, Fourier Transform Infra Red Spectrometer (FTIR), Alpha Diamond Analyzer, Diamond View, Dimension Axiom, Laser Inscription Machine, dan Ultra Violet Vis Spectrometer (UVVis). Dengan alat-alat tersebut, penentuan keaslian, spesies, varietas, asal-muasal (origin of country), serta penetapan apakah batu permata itu natural atau sintetis menjadi lebih cepat dan akurat.

Sederet peralatan tersebut kabarnya dipakai di laboratorium gemologi terkemuka di dunia, seperti Gemological Institute of America (GIA), Schweizerische Stiftung für Edelstein Forschung (SSEF-Swiss), dan The Gem and Jewelry Institute of Thailand (GIT). Tarif yang dipasang oleh G-Lab juga cukup murah, sekitar Rp60 ribuan per batu.

Sebagai informasi, Fourier Transform Infrared Spectroscopy adalah alat yang dapat digunakan untuk menganalisis senyawa kimia. Spektra inframerah suatu senyawa dapat memberikan gambaran dan struktur molekul senyawa tersebut. Spektra IR bisa dihasilkan dengan mengukur absorbsi radiasi, refleksi, atau emisi di daerah IR.

Alat semacam FTIR memang dengan yang cukup mahal. Unit FTIR merek Drawell saja bisa dibanderol pada kisaran USD12.000 sampai USD30.000 atau sekitar Rp170 jutaan hingga Rp426 jutaan. FTIR yang berlaku di setiap alat laboratorium kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Loading...