Fluktuatif, Harga Bunga Potong di Rawa Belong Tergantung Stok & Permintaan

Bunga Potong - www.rumah.comBunga Potong - www.rumah.com

Rawa Belong, Barat sudah lama dikenal sebagai pusat tempat untuk membeli di kawasan Ibu . yang di Pasar Rawa Belong pun bermacam-macam, ada bunga lokal dan luar negeri, bunga potong, buket, hingga bunga papan untuk ucapan duka cita dan suka cita. Harga bunga potong di Rawa Belong pun kabarnya bersifat fluktuatif tergantung momen tertentu.

Saat Hari Valentine dan perayaan Imlek 2018 belum lama ini harga bunga di Pasar Rawabelong meningkat hingga 2-5 kali lipat, tergantung permintaan dan stok yang ada. “Harga kembang bukan , tapi ‘pindah’ harga,” kata salah satu pedagang bernama Emil, seperti dilansir Tribunnews.

Menurut Emil, harga bunga setiap hari berubah dan terus naik. Misalnya saja bunga mawar merah yang bulan lalu masih Rp 50.000 per ikat berubah jadi Rp 300.000 per ikat. Seikat bunga mawar biasanya berisi sekitar 50 batang. “Biasanya merah yang banyak dicari jadi harganya naik cepat dan paling mahal. Besok bisa saja jadi Rp 450.000 atau lebih. Tapi kalau lain paling mentok di harga Rp 300.000,” jelasnya.

Pasar Rawa Belong sendiri merupakan bangunan milik Pemerintah (Pemprov) DKI Jakarta di bawah Dinas Kelautan dan Pertanian. Pasar bunga terbesar di Indonesia ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan yang awalnya berasal dari bangunan biasa dan cenderung kotor pun berhasil direnovasi pemerintah tahun 2000-an hingga menjadi pusat perbelanjaan bunga paling di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Bunga-bunga yang dijual di Pasar Rawa Belong didatangkan dari banyak daerah, yakni Bandung, Sukabumi, Puncak, Malang, Sumatra, bahkan ada pula yang didatangkan secara dari Thailand. “Pemasok utama mawar dari Bandung dan Malang. Harga mawar Bandung lebih mahal daripada mawar Malang,” kata pedagang lain bernama Roni.

Menariknya, di Pasar Rawa Belong juga tersedia bunga-bunga impor seperti tulip dan lili casablanca. Namun bunga impor biasanya harus dipesan sejak jauh-jauh hari. “Orang-orang yang suka bunga impor biasanya memesan untuk hadiah ulang tahun, hari jadi, dan hiasan meja,” ujar karyawan kios Kemuning Florist, Niki.

Loading...