Fleksibel dan Mudah Dibentuk, Harga Triplek Paling Tipis Rp32 Ribuan

Harga, triplek, multiplek, tipis, ukuran, ketebalan, melamin, mdf, teakwood, plywood, jenis, 2, mm, 25, jenis, per, lembar, toko, material, rumah, gedung, produksi, furnitureTriplek paling tipis (sumber: chianglenghup.com)

Kayu adalah salah satu yang tidak akan pernah berhenti dimanfaatkan. Sejak zaman dahulu hingga masa modern kini, kayu masih terus digunakan untuk berbagai keperluan, terutama sebagai baku untuk membuat rumah, gedung, hingga . Salah satu cara untuk mempermudah penggunaan kayu adalah dengan mengolahnya menjadi .

Triplek atau multiplek adalah lembaran kayu berbentuk tipis yang kerap digunakan dalam pembangunan sebuah gedung atau rumah. Triplek memiliki sifat fleksibel, biayanya murah, mudah dibentuk, bisa didaur ulang, serta untuk pembuatannya tidak memerlukan teknik yang rumit. Material ini juga hadir dalam beberapa ukuran ketebalan, mulai dari yang paling tipis berukuran 2 mm sampai yang paling tebal sekitar 25 mm.

Triplek berbentuk lapisan kayu yang diproduksi sebagai pabrikan dengan ketebalan dan ukuran panjang lebar tertentu. Standar mutu triplek yang paling mudah diidentifikasi adalah tingkat ketebalan dan daya tahannya. Namun tak jarang triplek yang tampak tipis dari biasanya justru punya kelebihan tertentu dibandingkan dengan jenis yang lain.

Sedangkan beberapa model triplek yang sering ditemui di adalah triplek teakwood, triplek aluminium, sengon, soft wood, hard wood, partikel board, melamin, MDF warna, plywood, dan masih banyak lagi. Ada berbagai ukuran atau ketebalan triplek maupun multiplek yang banyak diproduksi. Namun yang umum pada toko material dan seringkali dicari oleh konsumen hanya beberapa saja.

triplek saat ini juga sangat bervariasi tergantung ketebalan dan bahan yang digunakan. Misalnya saja triplek soft wood yang memiliki ciri khas lebih lunak dan biasanya berbahan dasar dari kayu albasia di mana banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Triplek dengan kayu albasia ini juga lebih lembut dibandingkan dengan triplek yang terbuat dari bahan angsana atau sengon.

Sementara untuk jenis triplek plywood dikenal memiliki daya tahan yang bagus dan tak mudah pecah, melengkung, dan retak. Dibuat dari bahan kayu solid dengan tekstur yang saling melintang dengan perekat khusus. Jenis ini ada baiknya dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan pemakaian jangka panjang termasuk harga per lembaran yang bisa menghemat anggaran. Triplek plywood ukuran paling tipis yakni 2mm (122cm x 244cm) ditawarkan dengan harga Rp32 ribuan per lembar.

Di Indonesia, plywood umum diartikan sebagai kayu lapis. Kayu lapis adalah salah satu jenis material yang terbuat dari beberapa lembaran kayu tipis dengan ukuran-ukuran tertentu yang kemudian disusun sedemikian rupa dan diberi lem khusus, kemudian dipress di bawah tekanan besar sehingga jadilah sebuah material berupa papan dengan ukuran-ukuran tertentu.

Untuk kebutuhan rumah tangga, kegunaan dari plywood ini cukup beragam. Selain banyak diandalkan sebagai papan cor saat dimulainya proses pembangunan suatu konstruksi bangunan, kayu lapis juga banyak dijadikan sebagai bahan dasar dari pembuatan berbagai macam perabotan khususnya interior.

Adapun bermacam-macam interior yang terbuat dari kayu lapis antara lain meja, rak buku, rak TV, dan lemari pakaian. Ketebalan suatu plywood juga sangat menentukan kekuatan sebuah interior yang dibuat. Ada banyak jenis bahan yang bisa digunakan sebagai material dasar pembuatan kitchen set, mulai dari multiplex/plywood, MDF, particle board dan block board.

Namun bahan yang disarankan biasanya multiplex atau plywood, karena selain tahan terhadap rayap, partikelnya juga lebih padat sehingga lebih tahan lama dan kuat untuk pemasangan sekrup. “Anda juga bisa memakai kayu solid seperti jati atau meranti, tapi akan memakan biaya yang sangat mahal dan itu bisa menyulitkan jika budget Anda terbatas,” seperti dikutip dalam laman Mabeslor.

Loading...