Fasilitas Semakin Baik, Ini Harga Tiket Terusan Candi Prambanan – Ratu Boko Yogyakarta

Harga, tiket, terusan, candi, Prambanan, Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, tarif, wisata, alam, kuliner, sejarah, wisatawan, domestik, mancanegara, usia, objek, Candi Sambisari, Candi Borobudur, Candi Kalasan, Candi Ijo, Candi Gebang, Yogyakarta, Jogja, destinasi, berlibur, liburan, anak, dewasa, bus, trans, akses, jalan, arahKomplek Candi Prambanan (sumber: lonelyplanet.com)

Kota Yogyakarta merupakan salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kota yang terkenal dengan makanan khas Gudeg ini mempunyai banyak yang menarik.

Yogyakarta seolah tak pernah membuat kita bosan untuk kembali berkunjung. Banyak hal yang bisa Anda eksplor seperti pantai, kuliner, dan pasarnya. Selain itu, Yogyakarta juga terkenal akan -candi istimewanya, dengan mewah kuno khas Hindu dan Buddha.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi paling populer di . Candi Prambanan terletak kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta. Candi ini sangat mudah dikunjungi dengan menggunakan bus trans seharga Rp3.500.

Candi Prambanan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp40 ribu untuk dewasa dan Rp 20 ribu untuk anak-anak. Terdapat beberapa fasilitas menarik seperti kereta kelinci, taman bermain, dan banyak lainnya.

Tak jauh dari Candi Prambanan, Anda bisa mampir ke Ratu Boko. Sejarah meyakini bahwa Candi Ratu Boko merupakan bekas bangunan istana raja. Istana seluas 250 ribu meter persegi ini terdiri dari gapura utama, candi pembakaran, lapangan, kolam, pendopo, paseban, hingga goa. Candi ini juga semakin ramai sejak film Ada Apa Dengan Cinta 2. Candi ini terlihat sangat cantik ketika matahari mulai terbenam.

Ratu Boko bisa diakses lewat jalan Laksda Adisutjipto dan Jalan Raya Solo – Yogya ke arah timur. Di persimpangan Prambanan ambil jalan ke kanan (arah selatan) ke arah jalan Prambanan – Piyungan. Sekitar 3 km dari persimpangan akan ada penunjuk jalan ke arah Kraton Ratu Boko yang terletak di bukit di sebelah kiri.

Istana Candi Ratu Boko (sumber: tanahnusantara.com)

Mulai 1 Mei 2017, Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola objek wisata Candi Prambanan, Ratu Boko dan Borobudur menerapkan kenaikan . Kenaikan berkisar Rp10.000 bagi wisatawan domestik dan Rp66.000 bagi wisatawan mancanegara.

masuk Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko saat ini masing-masing dibanderol Rp40.000 bagi wisatawan domestik dewasa, dari sebelumnya Rp30.000 dan Rp25.000. Sedangkan anak-anak dikenakan Rp20.000 naik dari sebelumnya Rp12.500.

Selepas puas dari Candi Prambanan, Anda akan diantarkan menggunakan kereta kelinci menuju candi Ratu Boko. Ada tiket terusan yang bisa Anda dapatkan untuk langsung mengunjungi Candi Prambanan dan Ratu Boko. Harga tiket Candi Ratu Boko juga sama yakni Rp40 ribu. Sementara untuk tiket terusan dari Candi Prambanan ke Candi Ratu Boko dikenai tarif Rp75 ribu.

“Waktu pertama kali ke Candi Prambanan tahun 2011, tiketnya hanya Rp30 ribu. Tapi nggak apa-apa karena fasilitasnya memang bagus. Kita bisa mudah menemukan toilet yang bersih dan modern, tempat cuci tangan di setiap titik, gazebo, mushola, dan tentunya bangunan candi yang terawat,” ujar Arum, salah seorang pengunjung.

Juga terdapat tarif terusan untuk wisata Candi Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan yakni Rp60.000. Paket harga langsungan juga tersedia bagi Borobudur, Mendut dan Pawon dengan harga yang sama. Sementara wisatawan mancanegara, dikenakan tarif baru masuk sebesar USD25 atau berkisar Rp333.000 dari sebelumnya Rp266.000. Paket tarif terusan ditawarkan dengan harga USD30 atau sekitar Rp400.000. Sedangkan wisatawan mancanegara anak usia 3-10 tahun dikenakan harga USD15 atau sekitar Rp200 ribuan.

Sementara itu untuk beberapa objek wisata candi yang belum begitu terkenal kini telah dikenakan tarif. Untuk Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Gebang dikenakan tiket Rp5.000. Harga tiket sedikit lebih mahal dikenakan untuk objek wisata Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di mana harga tanda masuk di angka Rp10 ribu.

Loading...