Fasilitas Bagasi Gratis Dihapus, Ini Skema Harga Prepaid Baggage Lion Air

Pesawat Lion AirPesawat Lion Air - www.kompasiana.com

Mulai tanggal 8 Januari 2019 mendatang dan Wings Air telah mengumumkan akan menghapuskan layanan bagasi untuk . Guna menggantikan kebijakan bagasi gratis ini, maka Lion Air Group menerapkan 2 skema pengenaan tarif bagasi, yakni excess baggage (kelebihan bagasi) dan prepaid baggage.

“Ada dua produk yakni excess baggage dan voucher prepaid baggage. Adapun untuk nominal tarif tersebut berbeda-beda sesuai rute,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantono, seperti dilansir Tempo.

Pada (4/1) lalu Lion Air Group mengumumkan penghapusan layanan bagasi gratis mulai 8 Januari 2019 hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Tetapi bila penumpang telah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019, maka penumpang tetap mendapatkan fasilitas bagasi gratis 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air.

Adapun ketentuan bagasi kabin (cabin baggage) yang diterapkan adalah, tiap penumpang kecuali bayi diperkenankan membawa 1 bagasi kabin dengan berat maksimum 7 kg dan 1 barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, atau tas jinjing wanita. Sedangkan ketentuan maksimum dimensi bagasi kabin 40 x 30 x 20 cm.

Sementara itu excess baggage adalah kebijakan Lion Air Group untuk mengenakan tarif bagasi yang dibayar sesuai berat bagasi aktual penumpang ketika check in di bandara. Jadi apabila bagasi yang dibawa ternyata lebih dari ketentuan, maka penumpang akan dikenai tambahan biaya per kg sesuai rute yang dituju.

Sementara itu, untuk voucher prepaid baggage dapat dibeli sekaligus ketika memesan tiket, baik lewat situs resmi Lion Air atau lewat agen travel. Danang mengungkapkan, voucher prepaid baggage yang disediakan mulai berat 5 kilogram sampai 30 kg dengan sesuai rute tujuan. “Voucher prepaid baggage, bisa dibeli jauh hari sebelum , harga lebih murah ketimbang excess baggage,” papar Danang.

Harga prepaid baggage Lion Air untuk rute Jakarta-Jogja, Jakarta-Medan, dan Jakarta-Pontianak cukup variatif. Sebagai contoh, untuk rute Jakarta-Jogja harga prepaid baggage 5 kg dibanderol Rp 95 ribu atau Rp 570 ribu untuk 30 kg. Kemudian Jakarta-Medan Rp 180 ribu per 5 kg hingga Rp 1.080.000 per 30 kg. Yang terakhir Jakarta-Pontianak Rp 140 ribu per 5 kg hingga Rp 840 ribu per 30 kg. Prepaid baggage ini dapat dibeli paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan pesawat.

Loading...