Fantastis, Biaya Jasa Appraisal Bisa Capai Ratusan Juta Rupiah

Jasa Appraisal - sawgrassacademy.comJasa Appraisal - sawgrassacademy.com

Selama ini mungkin banyak orang yang belum paham seperti apa profesi appraisal. Appraisal sendiri merupakan tenaga yang bertugas untuk menilai aset yang dimiliki perusahaan atau lembaga tertentu. Meski terlihat sepele, appraisal sebenarnya cukup mahal, oleh sebab itu profesi penilai aset terbilang sangat menggiurkan.

Tugas appraisal sendiri memang rumit, pasalnya mereka setidaknya harus melakukan verifikasi dan identifikasi yang diberikan oleh kliennya. Salah satu tenaga penilai publik bernama Budi Prasodjo mencontohkan, ia harus mengkaji ulang penginapan di daerah Bali Rp 1 juta per malam. “Itu harus diverifikasi, benar atau tidak. Jadi, bukan semata mengamini pernyataan klien,” ujar Senior Partner di Jasa Penilaian Publik (KJPP) Sugianto & Rekan ini seperti dilansir Kontan.

Sesuai dengan tugasnya, Budi diminta untuk memberikan opini nilai atas objek tertentu berdasarkan data atau fakta objektif dan relevan. Penilai menggunakan atau teknik tertentu dalam menentukan nilai sebuah aset. Di pemerintahan, jasa appraisal biasanya dibutuhkan untuk menilai aset pemerintah seperti objek pajak, nilai jual objek pajak (NJOP), serta pajak bumi dan bangunan (PBB).

“Seorang penilai tidak boleh menguntungkan pemerintah ataupun masyarakat. Dia harus menilai tanah secara wajar berdasarkan penilaian,” ungkap Budi. Karena profesi ini diatur oleh pemerintah, maka kini profesi penilai mempunyai 2 izin atau lingkup tugas penilaian, yaitu lingkup properti dan bisnis.

Selama bekerja menjadi penilai, Budi mengaku pernah menangani kontrak penilaian dengan imbalan mencapai Rp 700 juta. “Pada 2009, saya ikut tim penilaian aset BPPN sebanyak 700 titik yang tersebar di Jabodetabek. Kontrak itu selesai dalam tiga bulan,” katanya.

Urusan honor atau standar fee jasa appraisal sebenarnya telah diatur oleh organisasi Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (Mappi). Berdasarkan pedoman standar imbalan jasa penilaian tahun 2017 di Mappi, biaya jasa appraisal dikelompokkan berdasarkan golongan jabatan, kualifikasi, dan jam terbang atau pengalamannya.

Sebagai contoh, untuk gaji dasar golongan Partner/Director yang memiliki izin properti dan/atau bisnis dengan pengalaman lebih dari 20 tahun bisa dibayar hingga Rp 63,6 juta, belum termasuk billing rate harian dengan besaran SBOB (Satuan Biaya Orang Bulan) Rp 189.051.000 atau SBOH (Satuan Biaya Orang Hari) Rp 9.500.000. Sedangkan untuk yang golongan paling rendah tingkatannya, yakni Penilai Pratama dengan pengalaman 1-3 tahun standar gaji dasarnya Rp 5.100.000 dan di atasnya ada golongan Penilai Madya (pengalaman 1-5 tahun) dengan gaji dasar mulai Rp 7.900.000.

Loading...