Facebook Kembangkan Algoritma Khusus Tangkal Hoax di Indonesia?

President Joko Widodo and Mark Zuckerberg - asia.nikkei.comPresident Joko Widodo and Mark Zuckerberg - asia.nikkei.com

JAKARTA – memaparkan bahwa Facebook saat ini sedang mengembangkan sebuah algoritma untuk membantu menangkal penyebaran palsu di Tanah Air, khususnya menjelang Pemilihan 2019 mendatang. Namun, juru bicara sosial tersebut mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk membuat algoritma khusus guna menangkal berita hoax di Indonesia.

Dalam laporannya, Nikkei menulis bahwa Jenderal Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Pangerapan, mengatakan bahwa perusahaan AS telah berkomitmen untuk membantu Indonesia memerangi konten negatif di media sosial, termasuk berita palsu, perkataan yang mendorong kebencian, dan radikalisme. Pemerintah dan Facebook akan terus berdiskusi mengenai bagaimana cara mengevaluasi postingan online.

Namun, secara terpisah, juru bicara Facebook memaparkan bahwa mereka tidak mengetahui adanya rencana untuk mengembangkan kontrol internet yang serupa seperti yang dijelaskan oleh pemerintah Indonesia. Perusahaan saat ini memang memiliki berbagai dan taktik untuk membantu mencegah penyebaran berita palsu di berbagai bidang, namun tidak termasuk algoritma untuk Indonesia.

“Kami tidak memiliki rencana untuk membuat algoritma khusus bagi Indonesia untuk mengatasi hoax, maupun mengubah bagaimana kami melakukan review atas konten yang mungkin melanggar Standar Komunitas kami,” kata juru bicara tersebut. “Apa yang kami lakukan antara lain mengambil tindakan untuk melawan akun palsu, mengaplikasikan machine learning untuk membantu menurunkan jumlah spam, dan mengurangi posting-an yang merujuk pada halaman web yang berkualitas rendah.”

Meski demikian, ketika melakukan pembicaraan di Jakarta bersama Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, pada hari Rabu (2/8) lalu, Facebook sepakat untuk mendaftarkan bisnisnya di Indonesia untuk tujuan kepatuhan pajak. Kantor perwakilan Facebook saat ini masih terdaftar sebagai konsultan ketika pemerintah percaya bahwa ini harus menjadi platform digital komersial.

Facebook sendiri dikabarkan bakal segera meresmikan kantornya di Indonesia pada bulan Agustus 2017 ini. Upaya tersebut dilakukan Facebook untuk memiliki bentuk usaha tetap (BUT) di Indonesia. “Mereka memang harus comply dengan aturan pajak. Itu alasan mereka membuka kantor, selain lebih dekat dengan pengguna, juga agar layanannya lebih cepat,” kata Pangerapan.

Loading...