Emas Dunia Tertekan Penguatan Dolar AS, Harga Emas Antam Justru Lagi Naik

Harga Emas - www.tribunnews.comHarga Emas - www.tribunnews.com

Jakarta – Pada akhir Jumat atau Sabtu pagi, rupanya harga emas di spot mengalami penurunan sebesar 1 persen. Turunnya harga emas ini diakibatkan oleh penguatan dolar dan aksi profit taking (ambil untung) yang dilakukan oleh para pelaku .

Seperti dilansir CNBC melalui Liputan6, harga emas di pasar spot turun 1,65 persen menjadi USD 1.422 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak awal Mei 2013 di harga USD 1.452 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka juga anjlok 0,32 persen menjadi USD 1.423 per ounce.

Harga emas dilaporkan sempat melampaui USD 1.450 per ounce dan mencapai level tertinggi dalam 6 tahun terakhir karena terkena dampak sinyal dovish dari Federal Reserve dan masih dalam jalur untuk kenaikan minggu kedua. Dalam 2 hari terakhir, harga emas naik sekitar 3 persen dan sekitar 1,2 persen dalam pekan ini. Kenaikan harga emas ini terjadi seiring dengan meningkatnya ekspektasi kenaikan oleh pada pertemuan akhir bulannya.

“Spekulan dan pedagang mengambil untung setelah keuntungan baik yang kami miliki dalam dua hari terakhir. Juga, selalu ada sedikit tekanan pada emas ketika dolar naik,” ujar Michael Matousek, Kepala Pedagang di Global AS. Sebagai , dolar AS naik 0,3 persen terhadap sekeranjang . Pemulihan dolar AS ini terjadi setelah pernyataan dovish dari para pejabat The Fed.

Adapun suku yang lebih rendah justru akan meningkatkan harga emas karena mengurangi peluang memegang non-yield bullion dan membebani dolar AS. “Emas masih terlihat bagus. Suku dan lingkungan dolar, ketidakpastian perang dagang AS-China dan sekarang situasi geopolitik menjadi penyebab utama; semua ini telah menciptakan lingkungan yang sangat mendukung untuk emas,” imbuh analis Mitsubishi Jonathan Butler.

Sementara itu, harga emas batangan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk menurut perubahan terakhir tanggal 19 Juli 2019 di Butik LM Pulogadung terpantau naik Rp 9.000 menjadi Rp 714 ribu per 1 gram, dengan harga buyback atau pembelian kembali yang juga naik Rp 9.000 jadi Rp 643 ribu per gram. Sedangkan di Pegadaian, harga emas cetakan Antam hari ini Rp 743 ribu per gram dan cetakan UBS harganya Rp 709 ribu per gram.

Loading...