Emas Dunia Sedang Bersinar, Harga Emas Antam Justru Turun ke Rp 657 Ribu per Gram

Harga Emas - www.cermati.comHarga Emas - www.cermati.com

Chicago – Harga terpantau naik 1 persen pada perdagangan Jumat atau Sabtu pagi WIB lantaran kurs dolar AS melemah setelah pejabat mengeluarkan pernyataan yang memberi keraguan terkait prospek kenaikan suku bunga lanjutan. Seperti dilansir Reuters, harga di spot menguat 0,7 persen menjadi 1.221,04 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat naik 0,5 persen ke posisi 1.221,5 per ounce.

Dua pejabat belum lama ini memperingatkan bahwa pertumbuhan global melambat dan dolar AS telah anjlok ke level terendah sepekan terhadap sejumlah mata uang utama, sehingga lebih murah untuk pembeli yang memakai mata uang lain.

“Ketika ekonomi melambat, The Fed mungkin tidak menaikkan suku bunga begitu cepat atau agresif dan itu menekan dolar AS,” ujar analis INTL FCStone Edward Meir seperti dilansir Reuter. Selain itu, harga emas dunia juga berhasil menguat berkat pasar saham global yang lebih lemah dan hasil obligasi AS yang lebih rendah.

Sementara itu, harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk hari ini, Sabtu (17/11), turun Rp 2.000 dari Rp 659 ribu menjadi Rp 657 ribu , demikian pula dengan harga beli kembali atau buyback emas Antam juga turun dari Rp 575 ribu ke level Rp 572 ribu per 1 gram. Harga tersebut berlaku untuk pembelian emas di Butik Antam Pulogadung Jakarta. Perlu diketahui bahwa harga emas di butik Antam lainnya bisa berbeda-beda dan mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Lain lagi dengan harga emas 24 karat di Pegadaian. Pegadaian menjual emas batangan dalam cetakan Antam dan UBS mulai pecahan 0,5 gram hingga 1.000 gram (1 kg). Adapun harga jual emas cetakan Antam sekarang ini dibanderol Rp 682 ribu per gram, sedangkan cetakan UBS harganya relatif lebih murah, di angka Rp 665 ribu per gram. Adapun untuk harga emas 1/2 gram Antam Rp 371 ribu dan UBS Rp 366 ribu per setengah gram.

Loading...